Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Untuk Suplai Irigasi dan Industri Migas

02 Juli 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

AIR BENGAWAN: Bendung Gerak di Kalitidu ini menjadi tumpuan penampungan. Tahun ini rencana bangun lagi bendung gerak.

AIR BENGAWAN: Bendung Gerak di Kalitidu ini menjadi tumpuan penampungan. Tahun ini rencana bangun lagi bendung gerak. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BALAI Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo  membenarkan rencana Bendung Gerak Karang­nongko. Infra­struktur terse­but diproyeksikan kebutuhan iri­gasi air dan kebutu­han air baku untuk rumah tangga, kota, dan industri (RKI).

Karena saat ini juga ada beberapa wilayah titik industri minyak dan gas (migas) yang menggunakan air.

 “Pembangunan itu (Bendung Gerak Karangnongko) sudah masuk perencanaan,” kata Pejabat Pembuat Komitmen Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air 4 BBWS Antonius Suryono.

Tak hanya di Bojonegoro, industri migas juga berada di Blora. Dibangunnya Bendung Gerak Karangnongko itu, jumlah ben­dungan di sepanjang Sungai Bengawan Solo akan bertambah. Jika sebelumnya sudah ada tiga bendung gerak. Yaitu Bendung Gerak Kalitidu, Bendung Gerak Babat, dan Bendung Gerak Sembayat, Gresik.

Selain untuk menyuplai kebu­tuhan air petani, pada umum­nya pembangunan bendung gerak itu juga tak lepas untuk kepentingan industri.

Seperti bendung gerak di Babat, Lamongan, itu untuk menyuplai kebutuhan air PT Petrokimia Gresik.

Kemudian di Bendung Gerak Bojonegoro itu juga untuk menyu­plai kebutuhan air produksi minyak dan gas. “Jadi nanti ada empat (bendung gerak),” imbuhnya.

Sementara itu, Public & Government Affairs Exxon Mobile Cepu Ltd (EMCL) Askarina Bintari melalui sambungan WhatsApp (WA) mengatakan, produksi minyak  di Lapangan Banyu Urip membutuhkan air.

Dan, dalam memenuhi kebu­tuhan air untuk proses produksi minyak, EMCL mengikuti aturan yang berlanku.

(bj/msu/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia