Kamis, 18 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Peristiwa

Korsleting, Dua Rumah Hangus Terbakar

01 Juli 2019, 10: 15: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

HANGUS: Kebakaran menimpa dua rumah di Desa Manukan, Gayam, Sabtu malam.

HANGUS: Kebakaran menimpa dua rumah di Desa Manukan, Gayam, Sabtu malam. (Istimewa)

Share this      

GAYAM - Kewaspadaan terhadap kebakaran harus mulai diantisipasi seiring memasuki kemarau ini. Hal tersebut menyusul dua rumah terbakar di Dusun Tlumbung, Desa Manukan, Kecamatan Gayam.

Kebakaran sekitar pukul 20.00 Sabtu (29/6) lalu menimpa rumah milik Joko, 40, dan Sampurno, 50. Diduga penyebab kebakaran dua rumah karena korsleting listrik. “Kerugian akibat kebarakan diperkirakan total Rp 142 juta. Tidak ada korban jiwa,” ujar Kepala Bidang Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bojonegoro Sukirno.

Sukirno menerangkan, bahwa kronologi kebakaran berawal dari Sampurno melihat api yang telah berkobar di rumah milik Joko. Kemudian Sampurno berupaya mencari korban. Namun, ternyata korban tidak ada di rumah karena sedang membantu tetangganya yang punya hajat.

Karena api semakin membesar, saksi pun berusaha mengeluarkan barang-barang berharga miliknya, sambil berteriak minta tolong kepada warga sekitar. Akhirnya, para tetangga korban berdatangan membantu memadamkan api.

Adapun beberapa warga yang memanggil petugas damkar. Tetapi, nahasnya api pun akhirnya merembet ke rumah Sampurno. “Dugaan sumber api dari korsleting listrik, karena tidak ada aktivitas memasak di dalam rumah, korban pun sedang di rumah tetangganya yang sedang hajatan,” ujarnya.

Adapun korban Joko mengalami kerugian material sebesar Rp 130 juta. Meliputi rumah semi permanen ukuran 18x10 meter. Rangka dan dinding rumahnya terbuat dari kayu. Selain itu 15 sak gabah, uang tunai sebesar Rp 700 ribu, dan satu sepeda pancal, serta seluruh peralatan rumah tangga milik korban ludes terbakar.

“Sementara korban Sampurno, diperkirakan mengalami kerugian material sebesar Rp 12 juta meliputi bangunan rumah ukuran 9x9 meter yang terbakar sebagian,” terangnya

Sementara itu, Dinas Damkar Pos Padangan mengirimkan 2 unit mobil damkar dari Pos Padangan dan 3 unit mobil damkar dari Pos Bojonegoro Kota, serta 17 personel.

“Petugas sampai di lokasi kejadian sekitar pukul 19.41 dan api berhasil dipadamkan pukul 21.15,” pungkasnya.

(bj/gas/rij/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia