Senin, 27 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Minggu Ini, Caleg Terpilih Ditetapkan

30 Juni 2019, 11: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TUBAN – Penetapan calon anggota legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban terpilih diprediksi tanpa hambatan. Itu menyusul tidak adanya gugatan hasil pileg di Bumi Wali.

‘’Insya Allah tidak ada (gugatan, Red),’’ kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban Fatkul Iksan kepada Jawa Pos Radar Tuban kemarin (29/6).

Disampaikan Fatkul, sapaan akrabnya, penetapan caleg terpilih diagendakan setelah KPUK menerima buku register perkara konstitusi (BRPK) dari Makhamah Konstitusi (MK). Dari BRPK itulah bisa dipastikan ada tidaknya gugatan hasil pileg di Tuban. ‘’Kita masih menunggu salinannya (BRPK, Red) dari MK,’’ ujar komisioner dua periode itu.

Fatkul menyampaikan, keputusan BRPK dari MK disampaikan paling lambat 1 Juli. Selanjutnya, KPU diberikan waktu selama tiga hari untuk menetapkan perolehan suara dan kursi masing-masing partai politik (parpol). ‘’Jika BRPK klir tidak ada gugatan, maka paling lambat tanggal 4 Juli sudah ada penetapan,’’ ujar mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu.

Rapat pleno penetapan perolehan suara dan kursi masing-masing parpol, lanjut Fatkul, digelar bersama seluruh saksi dari masing-masing parpol dan sejumlah pihak terkait. ‘’Nanti akan kita kirim undangannya. Setelah ada kepastian (BRPK, Red),’’ tandas pejabat penyelenggara pemilu jebolan Universitas Bojonegoro (Unigoro) itu.

Sekadar diketahui, dari hasil rekapitulasi suara KPUK Tuban, PKB menjadi parpol yang meraih kursi terbanyak, yakni 16 kursi. Berikutnya disusul Partai Golkar dengan 9 kursi, serta PDIP, Demokrat, dan Gerindra masing-masing meraih 5 kursi. Berikutnya, disusul PAN dengan 3  kursi, Nasdem dan PPP masing-masing 2 kursi. Sedangkan PKS, Hanura, dan PBB masing-masing mendapat 1 kursi.

(bj/tok/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia