Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Tanam Pohon, Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

27 Juni 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ZAKKI TAMAMI/RDR.TBN: PEDULI LINGKUNGAN : General Manager PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar Mohamma Heryono bersama jajaran manajemen, dan Kadiv LK3-2 PT PJB Puspoyo serta forkopimca Jenu di sela penanaman pohon pada peringatan Hari Lingkungan Sedunia.

ZAKKI TAMAMI/RDR.TBN: PEDULI LINGKUNGAN : General Manager PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar Mohamma Heryono bersama jajaran manajemen, dan Kadiv LK3-2 PT PJB Puspoyo serta forkopimca Jenu di sela penanaman pohon pada peringatan Hari Lingkungan Sedunia. (ZAKKI TAMAMI/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN - Upaya pengendalian polusi udara terus dilakukan PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar di Desa Wadung, Kecamatan Jenu. Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kemarin (26/6) perusahaan kelistrikan ini menanam sedikitnya 3.000 pohon di lingkungan sekitar perusahaan. Aksi tersebut dipimpin langsung General Manager PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar Mohammad Heryono.

Beragam jenis pohon ditanam dalam aksi bertema Connecting People to Nature. Di antaranya, pohon ketapang, glodokan, sengon buto, pucuk merah, kihiang, gamelia, flamboyan, pilisoum dan manglid. Selain penanaman pohon, digelar lomba mewarnai untuk anak-anak dari desa sekitar perusahaan.

‘’Tema ini dengan maksud mengajak kita semua untuk kembali berpikir bahwa manusia merupakan bagian dari alam semesta,’’ kata Mohammad Heryono dalam sambutannya.

Dia menegaskan, kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka. Namun, upaya ini diimbangi dengan gerakan menanam pohon untuk menambah kapasitas reduksi polusi udara.

Karena itu, pihaknya mengajak seluruh karyawan-karyawati untuk turut serta mendukung program penanaman untuk menjaga kualitas udara, air, tanah, serta ekosistem bumi.

‘’Untuk tahun ini (penanaman pohon) masih di lingkungan internal. Ke depan tidak tertutup kemungkinan dikembangkan di lingkungan sekitar,’’ tegasnya.

Dikatakan Heryono, upaya pengelolaan lingkungan sudah dirintis. Namun, masih perlu ditingkatkan dan diteguhkan dengan niat menjaga lingkungan. Niat tersebut tentu lebih bermakna karena dilakukan setelah menyelesaikan ibadah puasa Ramadan dan sedang menjalin silaturahmi dengan sanak saudara bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1440 H. ‘’Semoga yang kita tanam hari ini dapat tumbuh dengan subur dan dapat menghijaukan lingkungan unit PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar,’’ tegas dia. 

Kepala Divisi LK3-2 PT PJB Puspoyo dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurut dia, penghijauan perlu terus ditingkatkan agar kondisi perusahaan sangat teduh dan sejuk. Tidak hanya pohon, namun dikombinasi dengan bunga-bunga untuk memperindah perusahaan dan lingkungan.

Dia berharap perawatan terus dilakukan pasca penanaman pohon dengan harapan tanaman tersebut tumbuh subur.

Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban Sunarko mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mengucapkan terima kasih kepada PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar yang ikut menjaga lingkungan dan mengendalikan polusi udara serta mendukung program pemerintah dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang bertema Biru Langitku-Hijau Bumiku.

Hadir juga pada kegiatan tersebut jajajaran manajemen PT PJB UBJOM PLTU Tanjung Awar-Awar, Camat Jenu Maftuchien Riza, Kapolsek Jenu AKP Elis Suendayani, Danramil Jenu, BMKG, kepala desa Wadung, Beji, Kaliuntu, Rawasan, karyawan, pegawai, pelajar, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lain.

(bj/zak/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia