Rabu, 13 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Terdapat Calon Lulusan Paket B

26 Juni 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Kualitas calon kepala desa (cakades) hasil pilkades serentak tahun ini belum bisa diharapkan banyak perubahan. Sesuai data dihimpun Jawa Pos Radar Bojonegoro, daftar cakades masih didominasi lulusan SMA sederajat. Bahkan, ada yang lulusan SMP atau kejar paket B.

Temuan cakades lulusan kejar paket B dan paket C di Kecamatan Gayam. Pilkades di kecamatan tersebut digelar di empat desa, dengan 10 cakades. Dua cakades lulusan SMP, dan enam lainnya lulusan SMA.

Cakades kejar paket B juga terdapat di Kecamatan Purwosari dan Kecamatan Kanor. Hampir merata, cakades di setiap kecamatan didominasi lulusan SMP dan SMA. Namun, persebaran cakades lulusan strata satu (S-1) juga banyak.

Seperti di Kecamatan Kota, dari semua cakades berjumlah 12 orang, semua merupakan lulusan S-1. Kecamatan Trucuk dari 8 cakades, ternyata 6 calon juga lulusan S-1. Kecamatan Kepohbaru ada 10 cakades S-1. Kecamatan Balen ada tujuh cakades S-1. Kemudian kecamatan Kanor lima cakades S-1.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bojonegoro Faishol Ahmadi mengatakan, cakades lulusan SMP saat ini masih terdapat di beberapa desa. Meskipun lulusan SMP, tetap lolos sebagai cakades.

Sebab, syarat cakades berdasar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2015, calon berpendidikan minimal tingkat SMP sederajat. Namun, sesuai hasil pendataannya, rata-rata cakades lulusan SMA sederajat. Jumlah itu terbanyak dibanding dengan lulusan yang lain.

(bj/msu/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia