Selasa, 12 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Jalur Inklusi SMA/SMKN Nol Pendaftar

25 Juni 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

LEBIH CEPAT LEBIH BAIK: Sejumlah siswa di SMKN 1 Tuban melakukan daftar ulang pada hari pertama kemarin (24/6).

LEBIH CEPAT LEBIH BAIK: Sejumlah siswa di SMKN 1 Tuban melakukan daftar ulang pada hari pertama kemarin (24/6). (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

CABANG Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Bojonegoro-Tuban menunjuk SMAN 1 Rengel dan SMKN 2 Tuban untuk menerima siswa inklusi dengan difabel ringan.

Namun, sampai masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019 berakhir, tak satu pun siswa dari jalur inklusi yang mendaftar. Berdasar data yang diterima Jawa Pos Radar Tuban, baik SMAN 1 Rengel maupun SMKN 2 Tuban nol pendaftar.

Waka Humas SMKN 2 Tuban Niniek Widiarochmawati mengatakan, pada tahun ini di lembaga pendidikannya tidak ada pendaftar dari jalur inklusi. ‘’Kalau tahun lalu ada. Untuk tahun ini, sampai PPDB ditutup tidak ada siswa inklusi yang mendaftar,’’ kata dia.

Praktis, pada tahun ajaran 2019-2020 ini SMKN 2 Tuban tak memiliki siswa difabel. ‘’Kita sudah membuka pendaftaran selebar-lebarnya untuk siswa inklusi. Tapi, memang tidak ada yang mendaftar,’’ ujar Niniek, sapaan akrabnya.

Dia lebih lanjut menyampaikan, setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat pendidikan yang layak. Tidak membedakan siswa biasa maupun yang inklusi. ‘’Meski inklusi, mereka juga memiliki kemampuan yang tidak kalah jauh dengan siswa biasa, seperti siswa inklusi kami yang mengambil jurusan tata busana. Ternyata pandai mendesain baju,’’ tandasnya.

Senada disampaikan Kepala SMAN Rengel Kusworo. Sekolahnya juga tidak menerima satu pun pendaftar berjalur inklusi. ‘’Tahun ini tidak ada, tahun lalu juga tidak ada,’’ katanya.

Sementara itu, hampir sebagian besar siswa yang telah diterima di SMAN/SMKN tujuan langsung melakukan daftar ulang kemarin (24/6). Di SMKN 1 Tuban, misalnya. Hampir 80 persen siswa yang telah diterima melakukan daftar ulang pada hari pertama kemarin. Bagi siswa yang tidak daftar ulang langsung dicoret.

(bj/tok/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia