Selasa, 12 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Pilkades Berlangsung Sekali

24 Juni 2019, 14: 13: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

PILKADES serentak gelombang II tahun ini, tidak akan digelar ulang, meskipun hasil perolehan suara antarcalon nantinya sama. Tidak ada pilkades lanjutan. Sebaliknya, pemenangnya merujuk ketentuan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13/2015.

Sesuai perda tersebut, jika terjadi perolehan suara sama, yang ditetapkan pemenang adalah calon kepala desa (cakades) yang mendapatkan suara terbanyak di tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlah daftar pemilih tetap (DPT) terbanyak. “Jadi pilkades hanya sekali,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Bojonegoro Faishol Ahmadi.

Menurut dia, sesuai pasal 46 Perda Nomor 13/2015 disebutkan, cakades mendapatkan suara terbanyak dari jumlah suara yang sah, ditetapkan menjadi calon kepala desa terpilih. Jika jumlah cakades terpilih mendapatkan suara terbanyak itu sama, dengan TPS lebih dari satu, calon terpilih ditetapkan berdasarkan suara terbanyak di TPS dengan jumlah DPT terbanyak. “Jadi tak ada pilkades ulang,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk pembentukan TPS itu tergantung dari panitia pilkades setempat. Sebab, masing-masing desa memiliki jumlah dan latar belakang berbeda. Pembuatan TPS itu memudahkan jangkauan pemilih menyalurkan hak pilihnya. Sedangkan, pembagian jumlah pemilih di masing-masing TPS, juga menjadi kewenangan panitia pilkades setempat. Namun, pelaksanaan pemungutan suara harus di waktu yang sama.

Untuk desa dengan DPT yang jumlahnya lebih dari 5.000 pemilih, seperti Desa Sukorejo, Kecamatan Kota. Juga, Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, hak pilihnya mendekati 10.000 pemilih. Dengan dibentuk TPS, kata Faisol, agar mempercepat pemungutan dan penghitungan suara. Sebab, dua desa tersebut biasanya melakukan penghitungan suara hingga dini hari.

Pilkades tahun ini digelar di 154 desa. Dengan jumlah sebanyak 408 cakades.

(bj/msu/rij/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia