Selasa, 12 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Pagu SMAN Pinggiran Belum Terpenuhi

21 Juni 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

SEMENTARA itu, saat SMAN kawasan kota sudah kelebihan siswa pendaftar, sejumlah SMAN di pinggiran Tuban hingga hari terakhir pendaftaran daring kemarin (20/6) siang masih kekurangan siswa.

Diketahui yang masih kekurangan antara lain SMAN Bangilan, SMAN Parengan, dan SMAN Bancar. Sekolah-sekolah tersebut hanya bisa berharap lengseran siswa sekolah lain dalam satu zona.

Kepala SMAN Parengan Syaiful Anas mengatakan 216 pagu sekolahnya hingga kemarin baru terisi 142 pendaftar. Rinciannya, 33 pendaftar luring dan 109 pendaftar daring pemilih pertama. Itu berarti sekolah di Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan ini masih kekurangan 74 siswa. Anas mengatakan sekolahnya masih berharap pendaftar pemilih kedua yang jumlahnya 133 siswa. ‘’Update terakhir masih kekurangan siswa,’’ ungkap dia.

Hal senada disampaikan Kepala SMAN Bangilan Mugono. Dia mengatakan dari pagu 180 siswa baru terisi 16 siswa dari luring dan 105 siswa dari daring pemilih pertama. Itu berarti pagu SMAN Bangilan masih kurang 59 siwa. Pemilih kedua SMAN Bangilan, kata Mugono, sebanyak 85 siswa. ‘’Masih menunggu SMAN Jatirogo kelebihan berapa siswa, nanti baru tahu pagu kami terisi atau masih kosong,’’ tuturnya.

Mugono menyampaikan SMAN Bangilan hanya mengandalkan siswa lulusan dari SMPN 1 dan SMPN 2 Bangilan. Sementara lulusan SMP swasta tak banyak yang melanjutkan di sekolahnya. Untuk siswa dari kecamatan lain, siswa lebih banyak menjadikan SMAN Jatirogo sebagai pilihan pertama. Siswa yang rumahnya di desa perbatasan, banyak yang memilih ke SMAN Kenduruan yang hingga kemarin pagunya sudah terpenuhi.

Sementara itu, berdasarkan website ppdbjatim.net, SMAN Bancar dari pagu 118 siswa baru terisi 86 siswa. Selanjutnya SMAN Soko dari pagu 207 baru terisi 156 siswa. Sekolah pinggiran lain seperti SMAN Widang, SMAN Grabagan, dan SMAN Plumpang berdasarkan website pagunya sudah terpenuhi.

(bj/yud/wid/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia