Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Pemakaian Jargas Ditarget Desember

16 Juni 2019, 13: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

GAS RUMAH TANGGA: Seorang pekerja menggali saluran jargas. Pemkab menarget jargas bisa digunakan Desember nanti.

GAS RUMAH TANGGA: Seorang pekerja menggali saluran jargas. Pemkab menarget jargas bisa digunakan Desember nanti. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

LAMONGAN - Pembangunan konstruksi pipa jaringan gas (jargas) mulai dikerjakan. Pembangunan sudah menyasar dua kelurahan di Kecamatan Kota. Yakni Tumenggungan dan Sidokumpul. Sehingga, masih ada lima kelurahan lagi. Yaitu Banjarmendalan, Sidoharjo, Tlogoanyar, Sukorejo, dan Jetis.

“Nanti bertahap, sebab pemasangan pipa langsung dengan saluran rumah warga,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan Yuhronur Efendi.

Penerima manfaat jargas ini tidak semua. Menurut dia, pemerintah pusat memiliki kriteria tersendiri. Sehingga, verifikasi dilakukan oleh pusat. Kriteria penerima menyesuaikan jenis bangunan rumah.

Meski rumahnya lantai dua, jika hasil survei dinyatakan masih layak menerima, tentu bersangkutan berhak dipasang saluran jargas. Meski begitu, dia senang karena usulan pemerintah daerah dikabulkan secara bertahap. Tahun pertama sekitar 4.000, dan rencananya Desember sudah bisa digunakan. 

“Setiap tahun akan diajukan, agar masyarakat bisa menerima manfaatnya,” terangnya.

Yuhronur menuturkan, bantuan jargas ini mengurangi penggunaan elpiji 3 kilogram (kg). Jargas ini harga ditawarkan lebih murah dibanding gas elpiji. Penerima akan mendapatkan saluran pipa, meteran, juga kompor secara gratis.

Mereka hanya membayar tagihan penggunaan gas sesuai kebutuhan pemakaian. Sehingga, antara satu rumah tangga dengan lainnya berbeda. Bantuan ini akan mengurangi kebutuhan pengeluaran untuk gas. Sebab mereka bisa mengatur sendiri pengeluaran agar tidak membengkak.

“Mereka kan bisa melihat meteran sesuai dengan pemakaiannya,” paparnya.

Dia mengklaim, usulan ini sudah diajukan ke Direktorat Migas tahun lalu. Dan, Januari dilakukan penyusunan front end engineering design (FEED). Dan detail engineering design for construction (DEDC). Tujuannya memastikan pembangunan sudah sesuai aturan dan tidak membahayakan.

(bj/rka/rij/yan/jar/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia