Jumat, 15 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Pengambil PIN di SMKN 1 Tuban Capai Seribu Lebih

16 Juni 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ANTRE: Para siswa dan orang tua saat antre mengambil PIN di SMAN 1 Tuban.

ANTRE: Para siswa dan orang tua saat antre mengambil PIN di SMAN 1 Tuban. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

SMKN 1 Tuban berhasil memecahkan rekor pengambilan PIN (personal identification number) penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMKN terbanyak se-Kabupaten Tuban.

Berdasarkan data yang dihimpun Jawa Pos Radar Tuban, hingga kemarin (15/6) pengambilan PIN di SMKN 1 Tuban telah mencapai 1.125 siswa. Angka tersebut menjadi yang tertinggi dibanding SMA/SMKN lainnya yang ada di Bumi Wali. Bahkan, SMKN yang beralamat di Jalan Mastrip ini menjadi satu-satunya sekolah yang jumlah pengambilan PIN-nya mencapai seribu lebih.

Di SMKN Rengel, misalnya. Sebagai sekolah terbanyak kedua pengambilan PIN se-Tuban, jumlah PIN yang tercetak kurang lebih hanya sekitar 850 lembar. Berikutnya, disusul SMKN 2 Tuban yang mencapai sekitar 700 siswa dan SMKN 3 Tuban sekitar 550 siswa (data terus berjalan).

Kepala SMKN 1 Tuban Hidayat Rahman membenarkan jumlah pengambilan PIN di sekolahnya yang mencapai angka seribu lebih. Angka tersebut, lanjut Hidayat, diprediksi masih akan terus bertambah menyusul masih adanya sisa waktu pengambilan PIN hingga 20 Juni mendatang.

‘’Insya Allah masih akan terus bertambah. Karena masih ada waktu (pengambilan PIN, Red) hingga minggu depan,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Tuban kemarin (15/6).

Hidayat menyampaikan, jumlah pengambilan PIN di SMKN 1 Tuban telah melampaui pagu yang tersedia, yakni 684 siswa. Namun, tegas Hidayat, tidak ada batasan bagi siswa yang masih ingin mengambil PIN di SMKN unggulan di Bumi Wali tersebut. ‘’Setiap siswa boleh mengambil PIN di mana saja. Tidak ada batasan,’’ ujar mantan kepala SMKN Rengel itu.

Sebagaimana diketahui, tidak ada ketentuan lokasi bagi siswa yang ingin mengambil PIN. Sebaliknya, pengambilan PIN diharapkan tidak jauh dari tempat tinggal siswa. Namun, pada faktanya hampir seratus persen pengambilan PIN oleh siswa itu sesuai dengan pilihan atau tujuan sekolah. Artinya, hampir bisa dipastikan, seribu lebih siswa yang mengambil PIN di SMKN 1 Tuban itu karena tujuannya memang ingin masuk di SMKN 1 Tuban. Praktis, seleksi perebutan kursi di SMKN 1 Tuban bakal berlangsung ketat.

Untuk diketahui, pengambilan PIN yang menjadi syarat pendaftaran secara daring itu dimulai sejak 27 Mei lalu. Dan, akan berakhir pada 20 Juni mendatang.

(bj/tok/wid/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia