Sabtu, 16 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Gaji 13 Dicairkan Pekan Depan

15 Juni 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

KOTA- Pemkab Lamongan memastikan gaji 13 akan dicairkan pekan depan. Sebab, perbup yang mengatur tentang gaji tersebut  sudah selesai.

“Kalau tidak ada halangan, tanggal 21 Juni sudah cair,” kata Kabid Perbendaharaan Badan Pengelolaan Kekayaan Aset Daerah (BPKAD) Lamongan, Laili Indayati.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu pengajuan portofolio dari masing-masing OPD. Komponen gajinya masih sama. Laili mengatakan, gaji pegawai terdiri atas gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan umum. Sementara untuk pensiun, bukan kewenangan pemkab.

Dia menuturkan, gaji 13 sengaja dicairkan pertengahan tahun. Alasannya, menyesuaikan anak masuk sekolah. Sesuai aturan Kementrian Keuangan, lanjut Laili, gaji ini diberikan untuk meringankan beban ASN karena uang THR dan gaji sudah habis untuk lebaran.

“Kalau gaji 13 hanya untuk ASN, pensiunan, dan CPNS. Sementara honorer tidak,” jelasnya.

Anggaran gaji 13 yang disiapkan Rp 48 miliar. Jumlah iitu lebih besar dari THR. Sebab, ada tambahan untuk CPNS. Besaran gaji 13 yang diterima sesuai gaji Juni. Sedangkan CPNS hanya menerima 80 persen sesuai gajinya.

Laili memastikan kebutuhan THR dan gaji 13 tidak memberatkan anggaran pemkab. Sebab, kebutuhannya sudah diplot sejak awal tahun beserta dengan kenaikannya.

Terkait dengan PPPK, Laili mengklaim belum mendapat laporan. Sehingga untuk gaji juga belum dianggarkan. Apalagi tunjangan lainnya. Sebab belum ada kelanjutan mengenai perekrutan PPPK. “Hanya CPNS yang sudah dialokasikan karena mereka sudah bertugas,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Jawa Pos, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementrian PAN RB, Mudzakir, menyatakan, mekanisme pencairan gaji 13 diatur dalam PP 35 tahun 2019. Disebutkan, gaji 13 yang diberikan setara dengan gaji Juni. Bagi ASN aktif, gaji diterima beserta dengan komponennya.

(bj/rka/yan/ai/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia