Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Diprediksi Tembus Rp 28-29 Miliar

Pilkada Kuras Dana Besar ABPD

09 Juni 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TUBAN  –  Prioritas anggaran pemerataan pembangunan di Kabupaten Tuban pada tahun depan tampaknya bakal tak fokus menyusul agenda pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Pasalnya, agenda pesta demokrasi akbar tersebut menguras dana besar yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban Mochamad Arifuddin mengatakan, biaya penyelenggaraan pilkada di Tuban masih dalam tahap pembahasan penyusunan kebutuhan anggaran. ‘’Kebutuhan anggarannya, baru di-reng-reng (dihitung, Red),’’ kata Arif sapaan akrabnya kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Disampaikan Arif, pelaksanaan pilkada berbeda dengan pemilu presiden maupun pemilihan gubernur, yang anggarannya disuplai dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan APBD provinsi. Khusus untuk pilkada, kebutuhan anggaran sepenuhnya ditanggung pemerintah daerah, sehingga harus menyedot APBD. ‘’Nanti kita usulkan saat penyusunan APBD 2020,’’ ujar mantan camat Palang itu.

Ketua KPUK Tuban Kasmuri menambahkan, anggaran pilbup yang diusulkan ke pemkab nanti berdasarkan kalkulasi dana yang dibutuhkan selama pelaksanaan pilbup. Mulai dari biaya operasional, honor petugas pemilu, hingga biaya pengamanan. ‘’Semua kebutuhan anggaran nanti akan kita koordinasikan dengan pemerintah daerah,’’ tandasnya.

Berdasar data yang dimiliki Jawa Pos Radar Tuban, mengaca kebutuhan anggaran Pilkada 2015, kebutuhan anggaran untuk menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut diprediksi sekitar Rp 28-29 miliar. Sebab, pada 2015 saja, anggaran yang dibutuhkan sudah menembus 27,5 miliar. Asumsinya, dengan rentang waktu lima tahun, seluruh  biaya yang dibutuhkan sudah meningkat. Hanya, berapa peningkatannya belum dipastikan.

(bj/tok/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia