Rabu, 19 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Open House Lebaran Bupati dan Wakil Bupati Tu

Momentum Eratkan Persatuan dan Saling Memaafkan

07 Juni 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

SALING BERMAAF-MAAFAN: Bupati Fathul Huda saling bermaafan dengan tokoh lintas agama dari dan sejumlah pejabat serta mantan pejabat di lingkup Pemkab Tuban.

SALING BERMAAF-MAAFAN: Bupati Fathul Huda saling bermaafan dengan tokoh lintas agama dari dan sejumlah pejabat serta mantan pejabat di lingkup Pemkab Tuban. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

TUBAN – Rumah dinas Bupati Tuban Fathul Huda ramai orang, (5/6). Beberapa orang berjajar untuk mengantre. Mereka akan bersalaman dengan bupati. Tampak di sana Wakil Bupati Noor Nahar Husein.

Wabup sebelum menggelar open house sendiri di rumah dinas Jalan Sunan Bonang, wabup lebih dulu halal bihalal dengan keluarga bupati di rumah dinas bupati Pendapa Krida Manunggal.

KEMBALI FITRI: Wakil Bupati Noor Nahar Hussein saat menerima open house di rumah dinas Jalan Sunan Bonang. Ini merupakan tahun keempat wabup menggelar open house di rumah dinas.

KEMBALI FITRI: Wakil Bupati Noor Nahar Hussein saat menerima open house di rumah dinas Jalan Sunan Bonang. Ini merupakan tahun keempat wabup menggelar open house di rumah dinas. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Tampak hadir, para forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), Ketua DPRD Tuban M. Miyadi, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, dan sejumlah forkopimda, serta para pejabat di lingkup Pemkab Tuban.

Para stake holder, tokoh masyarakat, hingga tokoh lintas agama juga tampak hadir di peringgitan (sebutan Pendapa Krido Manunggal).

Salah satu tokoh lintas agama yang tampak hadir, yakni Gunawan Putra Wirawan. Pria yang akrab disapa Cong Ping ini datang bersama sejumlah umat Tiong Hoa lainnya. Sejumlah tokoh lintas agama lainnya juga tampak hadir.

Termasuk para pejabat yang sudah purna, seperti mantan kepala dinas pendidikan Sutrisno. Mantan kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil Joni Martoyo, serta sejumlah mantan pejabat semua melebur jadi satu. Saling meminta dan memberi maaf.

Bupati Fathul Huda mengatakan, lebaran adalah kesempatan bagi semua umat untuk saling memafkan. Tidak hanya antar muslim, tapi juga umat agama lain.

‘’Ini (Hari Raya Idul Fitri, Red) adalah momen untuk saling memaafkan. Momen untuk mempererat tali persaudaraan dan persatuan, termasuk antar lintas agama. Semoga dengan eratnya tali persaudaraan dan persatuan ini, Kabupatan Tuban semakin relegius, maju, dan sejahtera,’’ tuturnya.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, dalam menjalankan roda pemerintahan, pemkab telah menetapkan berbagai kebijakan. Namun demikian, masih ada sejumlah kebijakan yang belum bisa memenuhi harapan semua pihak.

‘’Saya secara pribadi dan atas nama Pemkab Tuban mohon maaf lahir dan batin,’’ tutur bupati yang telah menjbat dua periode tersebut.

Lebih lanjut bupati berpesan, kepada seluruh warga Tuban untuk senantiasa guyub rukun dan menjaga persatuan. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk tidak terpengaruh hal-hal negatif akibat dari ulah provokator yang dapat merusak ketertiban dan ketentraman di Bumi Wali.

Hal yang sama juga terlihat di kediaman rumah dinas wabup. Lebaran tahun ini merupakan momen kali keempat wabup bersama keluarga menggelar open house di rumah dinas. Sebelumnya, open house selalu digelar di rumah pribadinya, Jalan Teuku Umar, Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban.

Meski sudah digunakan untuk menggelar open house, hingga saat ini belum ada kabar pasti wabup bakal menempati rumah dinas dengan warna khas putih tersebut. 

Disampaikn wabup, perayaan hari Raya Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk saling memaafkan dan meningkatkan kerukunan.

‘’Tidak hanya antar sesama muslim, tetapi untuk seluruh warga Tuban,’’ tegasnya.

Wabup berharap, perbedaan pilihan selama gelaran pemilu 2019 tak lagi menjadi penghalang untuk memererat tali silaturahim dan persatuan.

‘’Sekarang saatnya kita saling memaafkan, melupakan segala kesalahan yang telah kita lakukan, baik disengaja maupun tidak disengaja,” tuturnya.

Usai menggelar open house yang dimulai pukul 08.00-11.00, bupati dan wabup kemudian melanjutkan agenda sungkeman bersama sanak keluarganya di tanah kelahirannya masing-masing.

Bupati ke Desa Talun, Kecamatan Montong. Sementara wabup ke Desa/Kecamatan Rengel.

(bj/tok/aam/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia