Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Advertorial

Momentum Merajut Kebersamaan dan Serap Aspirasi Masyarakat

20 Mei 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

GUYUB DAN PENUH KEAKRABAN: Bupati Fathul Huda menyampaikan sambutan saat Safari Ramadan yang berlangsungm di Balai Desa Sokogunung, Kecamatan Kenduruan.

GUYUB DAN PENUH KEAKRABAN: Bupati Fathul Huda menyampaikan sambutan saat Safari Ramadan yang berlangsungm di Balai Desa Sokogunung, Kecamatan Kenduruan. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

Selesai sudah Safari Ramadan ‘’Tilik Desa’’ yang dilakukan Bupati Tuban H. Fathul Huda dan Wakil Bupati Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si. Hari ini (20/5) bupati dan wabup mengakhiri kegiatan safari di Balai Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek.

TIDAK terasa, sore nanti adalah hari terakhirbagi bupati Fathul Huda dan wakil bupati Noor Nahar Hussein menggelar Safari RamadanTilik Desa keliling kecamatan. Lengkap sudah sepuluh titik dari 20 kecamatan telah dilalui.

Kegiatan safari yang terbagi dalam sepuluh lokasi itu dimulai pada 7 Mei lalu. Diawali dari Kecamatan Bangilan dan Senori yang berlangsung di Balai Desa Ngrojo Kecamatan Bangilan. Kemudian, pada hari kedua untuk wilayah Kecamatan Kenduruan dan Jatirogo berlangsung di Balai Desa Sokogunung,

SEMOGA BERMANFAAT: Wakil bupati Ir. H. Noor NaharHussein, M.Si menyerahkan bantuan dari dinas pertanian dan ketahananmpangan kepada kelompok tanidi Kecamatan Senori.

SEMOGA BERMANFAAT: Wakil bupati Ir. H. Noor NaharHussein, M.Si menyerahkan bantuan dari dinas pertanian dan ketahananmpangan kepada kelompok tanidi Kecamatan Senori. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Kenduruan. Hari ketiga, wilayah Kecamatan Singgahan dan Parengan berlangsung di Balai Desa Mulyorejo, Singgahan. Hari keempat, untuk Kecamatan Tuban dan Jenu berlangsung di lokasi wisata Mangrove Center Jenu.

Berikutnya, di hari kelima untuk Kecamatan Rengel dan Soko ditempatkan di Balai Desa Karangtinoto, Rengel. Di hari keenam untuk Kecamatan Grabagan dan Semanding berlangsung di Wisata Puncak Tapan Andongsari, Grabagan. Selanjutnya, di hari ketujuh berlangsung di Balai Desa Mrutuk, Widang untuk wilayah Kecamatan Plumpang dan Widang.

Hari kedelapan untuk wilayah Kecamatan Bancar dan Tambakboyo berlokasi di Balai,Desa Cingklung, Bancar. Di hari kesembilan untuk Kecamatan Tuban dan Palang berlangsung di Balai Kelurahan Perbon, Tuban. Dan, di hari kesepuluh ditutup untuk wilayah Kecamatan Montong dan Kerek yang berlangsung sore nanti di Balai Desa Wolutengah, Kerek.

Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban Rohman Ubaid mengatakan, tema Safari Ramadan tahun ini adalah ‘’Penanganan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat’’ melalui anggaran Dana Desa (DD), PKH, dan sejumlah program pemberdayaan lainnya, baik yang bersumber dari APBD maupun APBN.

Ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari program rutin bupati dan wabup di setiap bulan Ramadan tiba tersebut. Selain untuk menjalin silaturrahim dengan para tokoh masyarakat dan tokoh agama yag hadir dalam setiap kegiatan safari di masing-masing kecamatan.

Kegiatan Safari Ramadan ini juga sebagai media untuk mengevaluasi secara langsung terhadap berbagai program penanganan kemiskinan, baik yang sudah maupun yang baru akan dilakukan. Sehingga, kebijakan penanganan kemiskinan yang akan diambil Pemkab Tuban bisa tepat sasaran.

Termasuk untuk mendata setiap warga miskin yang belum tercover bantuan program penanganan kemiskinan, yang kemudian dicover dengan program penanganan kemiskinan dari Baznas dan CSR perusahaan. ‘’Dengan demikian, setiap warga miskin bisa mendapat bantuan,’’ terang Ubaid menjelaskan esensi dari kegiatan Safari Ramadan kali ini.

Lebih lanjut Ubaid menyampaikan, dengan adanya kegiatan Safari Ramadan tersebut, setiap tokoh masyarakat yang hadir juga bisa menyampaikan secara langsung tentang keluh kesah yang dialami warga, untuk selanjutnya dicarikan solusi bersama. Begitu juga dengan pemerintah, bisa menyosialisasikan segala program dan hasil pembangunan Pemkab Tuban.

Setidaknya, dengan Safari Ramadan itu, masyarakat menjadi lebih tahu terkait setiap program dan kegiatan penanganan kemiskinan yang sudah maupun yang baru akan dilaksanakan Pemkab Tuban.

Termasuk juga prestasi-prestasi yang berhasil diraih Pemkab Tuban selama ini. Mulai dari penghargaan tingkat provinsi hingga penghargaan prestisius di level nasional. ‘’Inilah yang namanya keterbukaan publik. Dengan Safari Ramadan ini semua manjadi tahu,’’ jelas Ubaid.

Masih dikatakan Ubaid, ada banyak kegiatan yang dilakukan selama Safari Ramadan Tilik Desa berlangsung. Mulai dari tilik desa yang memiliki potensi wisata, pemberian penghargaan kepada kepala desa berprestasi, penyerahan bantuan rehab pembangunan TPQ dan masjid.

Juga, penyerahan sejumlah bantuan kepada keluarga miskin dan kelompok tani. Seperti bantuan untuk rumah tidak layak huni (RTLH) dan bantuan alat mesin pertanian, hingga pembagian bantuan uang dan sembako hasil sinergitas Pemkab Tuban bersama Baznas dan CSR perusahaan yang ada di Tuban untuk warga miskin. ‘’Alhamdulillah, semua berjalan dengan lancar,’’ terang mantan Camat Kerek dan Jenu itu.

Bupati Fathul Huda berharap, kegiatan di bulan Suci Ramadan ini bisa berjalan istiqomah setiap kali Ramadan tiba. Karena selain sebagai ajang silaturrahim untuk menjaga tali persatuan, tradisi tahunan yang dikemas dengan ngaji bareng itu banyak memberikan manfaat terhadap sumbangsih pembangunan Kabupaten Tuban.

Huda menyampaikan, dengan Safari Ramadan ini pemerintah bisa membangun komunikasi secara langsung dengan masyarakat. Sehingga, pemerintah menjadi lebih tahu apa yang harus dilakukan ke depan. ‘’Semoga kegiatan Safari Ramadan ini bisa terus istiqomah,’’ tuturnya.

Lebih lanjut bupati berpesan, seluruh masyarakat Tuban harus menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan persatuan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk turut serta menjaga keamanan dan ketentraman di lingkungan sekitar, sehingga bisa terwujud suasana yang damai dan kondusif.

(bj/tok/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia