Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Kebutuhan Sembako Diprediksi Naik Lima Persen

20 Mei 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

NAIK: Menjelang Lebaran kebutuhan sembako diprediksi naik. Kondisi ini pun terus dipantau oleh pemerintah.

NAIK: Menjelang Lebaran kebutuhan sembako diprediksi naik. Kondisi ini pun terus dipantau oleh pemerintah. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO – Selama Ramadan, kebutuhan sembako menurut analisis Dinas Ketahanan Pangan Bojonegoro masih tergolong stabil. Kenaikannya pun kecil, karena biasanya masyarakat memang membeli sembako lebih banyak dari biasanya untuk persediaan. Kebutuhan diprediksi merangkak naik lagi ketika memasuki akhir bulan Mei ini.

“Kenaikan kebutuhan sembako diperkirakan, jelang Lebaran akhir bulan Mei ini hingga minggu ketiga Juni, kenaikannya sekitar lima persen,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Kewaspadaan Dinas Ketahanan Pangan Bojonegoro Rudianto.

Dia menerangkan, bahwa pada bulan-bulan biasa, kebutuhan beras 1.875 ton, sedangkan jelang Lebaran kebutuhan naik menjadi 2.057 ton. Selain itu, kebutuhan bawang merah biasanya 79 ton akan naik jadi 86 ton dan cabai yang biasanya 109 ton akan naik jadi 116 ton. Begitu juga dengan telur, biasanya butuh 90 ton akan naik jadi 96 ton.

“Kenaikan itu tentu sudah diprediksi sehingga bisa mengantipasi pasokan stok yang mungkin didatangkan dari luar kota, seperti telur dan cabai pasti ambil dari luar kota,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bojonegoro Agus Haryana mengungkapkan, bahwa stok diupayakan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti halnya, beberapa waktu lalu ketika harga bawang putih melambung hingga Rp 40 ribu per hari, akhirnya bisa turun ketika didatangkan stok bawang putih impor. Kini harga bawang putih kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram.

“Stabilitas harga tentu selalu diupayakan,” pungkasnya.

(bj/gas/aam/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia