Selasa, 25 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Harga Bahan Baku Naik, Penjualan Turun

20 Mei 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

KHUSUS MINGGU 10 KILOGRAM: Proses pembuatan wingko di salah satu tempat produksi di Kecamatan Babat.

KHUSUS MINGGU 10 KILOGRAM: Proses pembuatan wingko di salah satu tempat produksi di Kecamatan Babat. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

BABAT – Bahan baku pembuatan jajanan oleh – oleh khas Babat dan Lamongan, wingko, mengalami kenaikan sejak bulan. Tepung beras ketan satu dus berisi 10 kilogram (kg), yang semula Rp 150 ribu, kini Rp 160 ribu. Kelapa muda yang  awalnya Rp 4.500 per butir, kini Rp 6.500 per butir.

Sementara  harga telur juga fluktuaktif, Rp 26 ribu. Akibat kenaikan harga bahan baku itu, harga wingko di pasaran ikut naik.

Hadi Suwito, salah satu penjual wingko menyatakan, harga wingko ukuran kecil kini Rp 22 ribu per bungkus. Sebelumnya, Rp 20 ribu per bungkus. Sedangkan wingko ukuran sedang yang semula dijual Rp 15 ribu, kini Rp 17 ribu per buah. Sementara wingko ukuran besar yang biasanya Rp 18 ribu, kini Rp 20 ribu per buah.

‘’Meskipun semua pedagang sudah sepakat naik, tapi namanya pembeli masih tetap nawar. Jadi kadang-kadang kembali lagi ke harga semula supaya tetap balik modal,’’ ujar Hadi saat menjaga kiosnya kemarin (19/5).

Menurut dia, pembeli wingko yang didominasi wisatawan dan pengguna jalan berkurang. Biasanya para pemilik kios wingko bekerja sama dengan agen travel untuk pembelian oleh-oleh penumpangnya. Saat Ramadan, tidak banyak orang yang berekreasi dan bepergian jauh. Sehingga beberapa pedagang memilih mengurangi jumlah produksi untuk menekan kerugian.

Nandalis Fami Nabilla, salah satu pekerja di pabrik wingko, menuturkan, saat ini wingko yang diproduksinya tidak lebih dari 10 kilogram.

‘’Hari biasa hanya bikin lima kilogram, khusus hari Minggu saja bikin sepuluh kilogram,’’ katanya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, dia memrediksi penjualan wingko akan normal dan mengalami peningkatan yang signifikan saat menjelang dan sesudah hari raya.

(bj/din/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia