Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Dishub Pertahankan Terminal Tipe C

19 Mei 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

LENGANG: Salah satu angkutan pasar ikan saat memasuki terminal kargo kemarin (18/5).

LENGANG: Salah satu angkutan pasar ikan saat memasuki terminal kargo kemarin (18/5). (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

KOTA- Meski keberadaan terminal tipe C tidak begitu dibutuhkan, Dinas Perhubungan (Dishub) Lamongan tetap berusaha mempertahankan terminal  angkutan umum dalam kota dan kargo tersebut. ''Masih kita pertahankan, meski tidak begitu dibutuhkan,'' ujar Kepala Dishub Lamongan A. Farikh.

Dikatakan dia, terminal tipe C sulit untuk dikembalikan seperti semula. Itu karena terminal ini hanya mengelola kendaraan jenis mobil penumpang umum MPU (Elf) dan terminal barang untuk pasar ikan. Rute terbanyak MPU antarkecamatan dan desa.

Dia mencontohkan, jurusan Babat-Lamongan, sebagian penumpang memilih bus dibandingkan MPU. Sementara jurusan Sukodadi-Paciran, sebagian besar menggunakan kendaraan pribadi. Akibatnya dari 120 unit MPU, hanya 70 unit yang masih beroperasi.

Begitu juga terminal tipe C untuk kargo. Dikatakan Farikh, pemilik angkutan langsung memarkir kendaraannya di pasar. Mereka tidak lagi ke terminal untuk menunggu penumpang. Akibatnya, terminal tidak berfungsi optimal. ''Hanya beberapa yang masih parkir,'' tegas dia.

Sekarang ini, kewenangan empat terminal tipe C kargo masih dikelola daerah dan memberikan kontribusi pendapatan asli daerah (PAD). Keempat  terminal kargo tersebut, terminal Sukodadi, termin Paciran/Brondong, dan Ngimbang.

Untuk terminal MPU di kota, sebelum terbit Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 belum ada tipe. Pengelolaannya masih ditangani dishub setempat. Namun, sekarang beralih ke provinsi bersamaan pengalihan terminal tipe B di sebelahnya.

Kabid Aset Badan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPKAD) Lamongan Sueb menuturkan, terminal tipe C di kota menjadi kewenangan provinsi. Peralihan aset tersebut pada tahun lalu.

Dikatakan dia, terminal tersebut diminta provinsi karena lokasinya satu tempat dengan terminat tipe B.(rka/ds)

(bj/rka/ds/yan/jar/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia