Selasa, 25 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Advertorial
Penghargaan Kali Kelima Berturut-turut

Pemkab Tuban Pertahankan Opini WTP

Wujud Tata Kelola Keuangan Semakin Baik

15 Mei 2019, 09: 36: 02 WIB | editor : Amin Fauzie

BUAH KERJA KERAS BERSAMA: Dari kiri, Inspektur Inspektorat Tuban Aguk Waluyo Raharjo, SH, M.Hum; Ketua DPRD M. Miyadi, S.Ag, MM; wabup Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si dan Kepala BPPKAD Dra. Rini Indrawati usai menerima penghargaan opini WTP.

BUAH KERJA KERAS BERSAMA: Dari kiri, Inspektur Inspektorat Tuban Aguk Waluyo Raharjo, SH, M.Hum; Ketua DPRD M. Miyadi, S.Ag, MM; wabup Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si dan Kepala BPPKAD Dra. Rini Indrawati usai menerima penghargaan opini WTP. (Istimewa)

Share this      

TUBAN - Pemerintah Kabupaten Tuban kembali berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

BUAH KERJA KERAS BERSAMA: Dari kiri, Inspektur Inspektorat Tuban Aguk Waluyo Raharjo, SH, M.Hum; Ketua DPRD M. Miyadi, S.Ag, MM; wabup Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si dan Kepala BPPKAD Dra. Rini Indrawat

BUAH KERJA KERAS BERSAMA: Dari kiri, Inspektur Inspektorat Tuban Aguk Waluyo Raharjo, SH, M.Hum; Ketua DPRD M. Miyadi, S.Ag, MM; wabup Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si dan Kepala BPPKAD Dra. Rini Indrawat (Istimewa)

Penghargaan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018 itu diserahkan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur Harry Purwaka kepada Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si. kemarin (14/5).

Turut mendampingi dalam penerimaan penghargaan yang berlangsung di Kantor Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo tersebut, Ketua DPRD Tuban M. Miyadi, S.Ag, MM; Inspektur Inspektorat Tuban Aguk Waluyo Raharjo, SH, M.Hum; dan Kepala BPPKAD Tuban Dra. Rini Indrawati.

Kabag Humas dan Protokol Setda Tuban Rohman Ubaid mengatakan, opini WTP atas pengelolaan keuangan daerah merupakan penghargaan kali kelima yang berhasil dipertahankan Pemkab Tuban secara berturut-turut. ‘’Ini menunjukkan bahwa Pemkab Tuban selalu konsisten dalam menyelenggarakan prinsip akuntansi keuangan dengan baik,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Tuban.

Disampaikan Ubaid, opini WTP adalah predikat yang paling baik dari hasil audit BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah yang menggunakan standar pemeriksaan berdasar Peraturan BPK Nomor 1 Tahun 2007. Selain itu, juga berdasar Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, serta UU Nomor 15 Tahun 2006 tentang BPK. Laporan tersebut, meliputi, laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca, laporan operasional, laporan arus kas dan laporan perubahan ekuitas, serta catatan atas laporan keuangan.

Nah, dari sejumlah skema pemeriksaan yang cukup ketat tersebut, laporan keuangan Pemkab Tuban dinilai telah memenuhi standar akuntasi pemerintah, efektifitas sistem pengendalian intern, dan patuh terhadap perundang-undangan. ‘’Dari penilaian tersebut, Pemkab Tuban telah memenuhi standar untuk meraih predikat opini WTP’’ terang Ubaid.

Wakil Bupati Tuban Ir. Noor Nahar Hussein, M.Si mengaku bersyukur dengan pretasi opini WTP yang kembali berhasil dipertahankan Pemkab Tuban. Menurutnya, opini WTP merupakan prestasi yang membanggakan dalam bidang tata kelola keuangan daerah. ‘’Ini (penghargaan opini WTP, Red) adalah apresiasi dari BPK kepada Pemkab Tuban yang telah memiliki tata kelola keuangan yang efektif dan efisien,’’ tuturnya.

Wabup menegaskan, capaian prestasi yang membanggakan ini merupakan hasil kerja keras bersama seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Tuban. Tentu, sinergitas yang sudah terbangun dengan baik antar OPD ini harus terus ditingkatkan untuk mempertahankan prestasi pada tahun-tahun mendatang. ‘’Opini WTP ini harus terus dipertahankan dan dijadikan motivasi untuk mewujudkan pemerintahan yang akuntabel dan kredibel demi mewujudkan masyarakat Tuban yang sejahtera,’’ harapannya.

(bj/tok/ds/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia