Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Sebanyak 20 Calon Anggota DPRD Wajah Baru

Wajah Lama Masih Mendominasi

14 Mei 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Sebanyak 30 anggota DPRD Bojonegoro saat ini bakal bertahan di kursi legislatif. Calon legislatif (caleg) petahana (incumbent) ini mampu bersaing dalam pemilihan legislatif (pileg) meski bersaing ketat. Sebaliknya, 20 calon anggota DPRD terpilih, merupakan wajah-wajah baru.

Jumlah itu sesuai hasil rekapitulasi digelar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro. Rinciannya, wajah baru tersebar di 12 partai peraih kursi di DPRD Bojonegoro (selengkapnya lihat grafis). Namun, jumlah wajah baru terbanyak di partai PKB.

Sebab, partai berlambang bola dunia itu, dari 10 kursi yang 5 merupakan wajah baru. Sebab satu petahana di daerah pemilihan (dapil) I tumbang, karena kalah bersaing dengan wajah baru. “Ada lima (caleg terpilih) yang masih baru,” kata Sekretaris DPC PKB Bojonegoro Sunjani kemarin (13/5).

Menurut dia, adanya wajah baru ini akan menjadi semangat baru untuk fraksi PKB DPRD 5 tahun ke depan. Selain itu, dengan adanya wajah baru itu membuktikan kaderisasi di internal partai sudah berjalan.

Namun, untuk distribusi anggota fraksi PKB di alat kelengkapan DPRD, masih menunggu pelantikan akan berlangsung Agustus mendatang. “Untuk penempatan di alat kelengkapan menunggu pelantikan saja,” imbuhnya.

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bojonegoro Choirul Anam memastikan dari empat anggota DPRD yang terpilih di Pemilu 2019, dua caleg merupakan wajah baru. Yaitu  Effendi Eko Leksono dari dapil I, dan Sumari dari dapil II. “Dua yang baru,” tegasnya.

DPC Gerindra, dari 6 anggota caleg terpilih, ada 2 yang wajah baru. Yaitu Sudiyono dari dapil I dan Maftukhan dari dapil V. Hasil Pemilu 2014 lalu, di dapil I Gerindra mendapatkan satu kursi, seperti hasil pemilu kali ini.

Namun, Sudiyono adalah wajah baru, karena caleg petahana suaranya kalah. Sedangkan di dapil V, partai berlambang Garuda itu sebelumnya hanya satu kursi, kemudian sesuai hasil pemilu kali ini mendapatkan dua kursi. “Ada dua yang baru, diharapkan menjadi semangat baru,” kata Ketua DPC Gerindra Budiyono.

Sementara itu, Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPUK Bojonegoro Fatkhur Rohman membenarkan penghitungan hasil pemilu di Kabupaten Bojonegoro sudah tuntas. Namun, untuk penetapannya peserta pemilu terpilih, masih menunggu keputusan dari KPU RI.

“Kalau KPU RI menetapkan tanggal 22 Mei,” ujarnya.

(bj/msu/rij/aam/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia