Jumat, 20 Sep 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Cek SPBU dan Takaran BBM

14 Mei 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

CEK BAHAN BAKAR: Aktivitas konsumen antre di SPBU Jetak kemarin (13/5). Disdag mulai awasi ketersediaan SPBU.

CEK BAHAN BAKAR: Aktivitas konsumen antre di SPBU Jetak kemarin (13/5). Disdag mulai awasi ketersediaan SPBU. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Pasokan bahan bakar minyak (BBM) di SPBU menjadi perhatian serius Pemkab Bojonegoro, menjelang Lebaran. Mulai kemarin, dinas perdagangan (disdag) dan pasar memantau pasokan BBM di setiap SPBU.

“Empat SPBU yang kita pantau, pasokan masih aman,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Agus Hariyana kemarin (13/5).

Pemantauan akan dilakukan di semua SPBU di Bojonegoro. Sebab, saat musim mudik nanti semua SPBU harus menyediakan pasokan BBM yang banyak. Sehingga, tidak sampai terjadi kekurangan. “Semua jenis BBM harus tersedia. Tidak boleh ada yang kosong,” terangnya.

Selain memeriksa pasokan, lanjut Agus, pihaknya juga memeriksa pompa bensin. Apakah pompa itu masih sesuai takaran atau tidak. Jika tidak, pompa harus dilakukan tera ulang. Dan, tera pompa BBM juga menjadi perhatian yang cukup serius. Sebab, itu adalah alat yang memberikan takaran saat melayani penjualan.

“Jika tidak sesuai takaran akan merugikan konsumen,” terangnya.

Selain itu, disdag juga mewajibkan semua pengelola SPBU menyediakan rest area untuk para pemudik. Itu wajib ada pada semua SPBU. “Tidak SPBU tertentu saja. Tapi menyeluruh,” jelasnya.

Selain BBM, SPBU juga harus memastikan pasokan elpiji 3 kilogram (kg) aman. Sebab, SPBU juga menjadi agen elpiji sebelum dikirimkan ke pangkalan. “Semuanya harus dipastikan ketersediaannya,” terangnya.

Ketersediaan BBM dan elpiji saat Ramadan dan Lebaran menjadi perhatian serius. Itu dilakukan kejadian tahun lalu tidak terulang. Tahun lalu, elpiji sempat mengalami kelangkaan saat Lebaran. Bahkan, saat ada harganya melambung. “Kita harus memastikan kondisi itu tidak terulang,” pungkas dia.

(bj/zim/rij/aam/cho/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia