Kamis, 14 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Kemiri Harganya Masih Mahal

Digelontor Bawang Impor, Harga Turun

14 Mei 2019, 11: 15: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BAHAN DAPUR: Pedagang di Pasar Kota menata bawang putih. Saat ini mulai ada bawang impor.

BAHAN DAPUR: Pedagang di Pasar Kota menata bawang putih. Saat ini mulai ada bawang impor. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Sejak sepekan lalu, harga bawang putih sempat melambung menembus Rp 40.000 per kilogram (kg). Para pedagang Pasar Kota Bojonegoro, menilai kenaikan harga dipicu stok menipis. Namun, mulai kemarin (13/5) harganya mulai turun. Harganya dari Rp 35.000 hingga Rp 32.000 per kilogram.

“Sekarang harganya turun (kemarin, Red). Tapi bawang putih saya masih harga lama yang saya jual Rp 40.000 per kilogram, tapi kalau pun ada pembeli pasti saya kasihkan kalau ditawar,” kata Aisyah, salah satu penjual di Pasar Kota Bojonegoro.

Retno Munawar, salah satu pedagang mengungkapkan, kemarin pagi bawang putih impor baru datang. Harganya pun turun drastis. Justru harga kemiri yang sejak awal Ramadan tak kunjung turun. Indikasinya stok kemiri yang biasanya dari Medan, Makassar, dan Flores sedang sepi. Harga kemiri masih bertengger di angka Rp 42.000 per kilogram.

“Harga bawang putih sudah turun mas karena datang stok impor entah dari Cina atau Taiwan. Sayangnya harga kemiri yang tak kunjung turun,” katanya.

Sedangkan harga telur juga belum turun. Masih sekitar Rp 22.000 per kilogram. Berbeda dengan cabai yang harganya turun drastis menjadi Rp 17.000 per kilogram.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) dan Pasar Bojonegoro Agus Haryana mengungkapkan, guna menjaga stabilitas kiriman bawang putih impor itu disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun pasokan sekarang sekitar 200 ton per hari.

“Setidaknya sebelum dilakukan operasi pasar murah, harga-harga sembako diupayakan stabil secara berangsur-angsur,” ungkapnya.

(bj/gas/rij/cho/aam/min/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia