Sabtu, 19 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Jelang Mudik, Mulai Berburu Mobil

14 Mei 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

DIBURU: Salah satu sales konter diler menunjukkan mobil MPV yang paling diburu konsumen di Tuban.

DIBURU: Salah satu sales konter diler menunjukkan mobil MPV yang paling diburu konsumen di Tuban. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN – Tradisi mobil baru saat Lebaran masih melekat. Memasuki minggu kedua Ramadan, penjualan mobil terus naik. Mobil multi purpose vehicle (MPV) paling banyak dicari karena memuat banyak penumpang. Selama sebulan terakhir, penjualan mobil penumpang ini menduduki posisi tertinggi. Menggeser mobil low cost green car (LCGC) dan city car.

Branch Manager Sun Star Motors Tuban Edy Sapto Harjono mengatakan, penjualan mobil saat April sekitar 25 unit. Dari jumlah tersebut terbanyak jenis MPV. Berikutnya mobil sport utility vehicle (SUV). Mobil dengan kapasitas delapan penumpang memang diidolakan masyarakat untuk mudik bersama keluarga. ‘’Kalau April tidak bersamaan dengan pemilu, bisa jadi penjualan di atas target,’’ tutur Edy.

Memasuki minggu pertama Mei, Edy belum bisa memastikan penjualan mobil pada bulan itu. Diperkirakan penjualan menjelang mudik tidak beda jauh dengan bulan lalu. Biasanya, konsumen mulai berburu mobil pada minggu kedua Ramadan, karena mobil akan dipakai saat Lebaran. ‘’Kemungkinan ada kenaikan penjualan, tapi selisih sedikit dari bulan lalu,’’ kata dia.

Sales konter Toyota Auto2000 Tuban Tyas Leoni menambahkan, tingginya penjualan mobil berlangsung sejak April. Para konsumen berburu mobil sejak satu bulan sebelum mudik untuk antisipasi keterlambatan pengiriman mobil. Kenaikan penjualan, kata Tyas, dipastikan akan terjadi saat Ramadan seperti sekarang ini. ‘’Menjelang mudik pasti penjualan meningkat sekitar 20 persen dari bulan sebelumnya,’’ ungkap dia.

Wanita yang tinggal di Perumnas Tasikmadu ini mengatakan, faktor lain yang memicu terkereknya penjualan adalah karena tak ada kenaikan harga yang signifikan sejak Januari. Sehingga, banyak konsumen yang memilih membeli ketika mendekati Lebaran. Apalagi, saat ini sebagian jenis mobil ready stock atau tidak perlu menunggu terlalu lama waktu pengiriman. ‘’Awal tahun, musim mudik, pertengahan tahun, dan akhir tahun pasti penjualan meningkat,’’ kata dia.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia