Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Ekonomi Dan Bisnis

TPID Harus Maksimal Atasi Inflasi

11 Mei 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

ATASI INFLASI: Pedagang Pasar Kota menata telur.

ATASI INFLASI: Pedagang Pasar Kota menata telur. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Kinerja tim pengendali inflasi daerah (TPID) harus terukur. Sebab, masih ditemukan harga bahan pokok yang naik hingga saat ini. Butuh solusi inflasi bisa ditekan agar tak membebani masyarakat.

Beberapa harga bahan pokok yang masih naik seperti bawang putih dan daging ayam. TPID rencananya Selasa (14/5) kembali akan memantau sejumlah pasar tradisional. Berdasar APBD 2019, anggaran pengondisian dan pengedalian inflasi daerah tak sedikit. Anggarannya sekitar Rp 103 juta.

‘’Nanti sejumlah pasar yang akan kita sasar,’’ kata Anggota TPID Rahmat Djunaedi.

Rahmat menjelaskan, ini adalah pemantauan kedua dilakukan. Sebelumnya, pemantauan dilakukan sebelum Ramadan untuk mengetahui stok pasokan. Sebab, kebutuhan akan bahan pokok saat Ramadan kerap tinggi.

Beberapa bahan pokok menjadi perhatian seperti harga bawang merah dan bawang putih. Dua bumbu dapur itu harganya melonjak tinggi dibanding biasanya. Bawang putih harga mencapai Rp 48.000 per kilogram (kg).

Sedangkan bawang bawang merah mencapai Rp 30 ribu per kilogram. ‘’Saat ini perkembanganya bagaimana masih belum kita ketahui,’’ ungkap dia.

Rahmat menjelaskan, naiknya harga-harga sejumlah bahan pokok itu berpengaruh terhadap inflasi. Sebab, inflasi yang terlalu lama akan menimbulkan gejolak yang tidak bagus untuk pasar.

Selain bahan makanan, TPID juga akan memantau bahan bakar minyak (BBM). Sebab, pasokan bahan bakar akan memengaruhi inflasi. ‘’Elpiji dan SPBU nanti kita pantau semua,’’ jelasnya.

Pemeriksaan akan dilaksanakan di pasar tradisional dan pasar modern. Baik yang ada di pasar kota maupun yang ada di kecamatan. ‘’Pada pemeriksaan lalu banyak kita temukan banyak produk kemasan yang kadaluwarsa,’’ ungkap dia.

(bj/zim/rij/aam/cho/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia