Senin, 09 Dec 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

SMA Swasta Kian Bertaring

11 Mei 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

SEJUMLAH SMA swasta kian menunjukkan taringnya. Setidaknya, selama dua tahun terakhir sekolah-sekolah tersebut rutin mengisi peringkat tertinggi nilai rata-rata ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Tuban.

Pada pengumuman kelulusan tahun ini, tiga sekolah swasta mengisi peringkat sepuluh besar nilai rata-rata UNBK. (tabel yang ditampilkan Jawa Pos Radar Tuban edisi Jumat (10/5) hanya jurusan IPS).

SMA Al Huda Boarding School dan SMAIT Al Uswah mengisi peringkat 3 dan 4 jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA). Sementara SMA Katolik Santo Yusuf mengisi peringkat 7 untuk kelas IPS. Untuk rata-rata keseluruhan IPA dan IPS dari peringkat pertama hingga ketujuh, dua di antaranya sekolah swasta. SMA Al Huda Boarding School kembali menempati peringkat 3 dan SMAIT Al Uswah peringkat 4.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMAN Tuban Djoko Srijatno mengatakan, hasil UNBK merupakan salah satu bahan evaluasi sekolah untuk meningkatkan proses pembelajaran. Paling tidak, sekolah bisa memasang target dari nilai ujian akhir tersebut. ‘’Nilai UNBK ini sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan proses pembelajaran pada tahun pelajaran 2019/2020,’’ ujar dia.

Pendidik yang juga kepala SMAN 3 Tuban ini mengatakan, rutinnya sejumlah sekolah baru mengisi peringkat tertinggi harus disambut positif seluruh pendidik di Bumi Wali. Setidaknya, kehadiran SMA swasta yang rutin mengisi peringkat tertinggi nilai UNBK tersebut bisa menjadi pelecut sekolah negeri agar terus meningkatkan kualitas pendidikannya. ‘’Adanya SMA swasta menunjukkan kompetisi yang positif sesuai harapan kita semua,’’ ungkap dia.

Djoko mengatakan, dengan kehadiran sejumlah sekolah swasta baru yang diunggulkan, standar kualitas pendidikan Tuban meningkat satu tingkat. Sebab, prestasi pendidikan Tuban tidak lagi terpusat di sekolah tertentu dan lebih merata ke sekolah lain.

Dia berharap seluruh sekolah baik negeri maupun swasta terus bersaing positif demi meningkatkan kualitas pendidikan. ‘’Sesuai tagline SMA, maju bersama dan hebat semua,’’ kata Djoko.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA Al Huda Boarding School Rudis Andika mengatakan, dua tahun lulusan SMA Al Huda berhasil menduduki posisi peringkat tiga besar. Posisinya di atas sekolah negeri lain di kawasan kota, yakni SMAN 3, SMAN 4, dan SMAN 5 Tuban.

Nilai rata-rata UNBK tersebut merupakan salah satu indikator sekolah swasta tak lagi bisa dipandang sebelah mata. ‘’Lulusan pertama SMA Al Huda tahun lalu juga peringkat tiga. Peringkatnya sama dengan tahun ini, tapi rata-rata nilai naik,’’ ungkapnya.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia