Minggu, 17 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Tinggal Tunggu Pleno Pusat

08 Mei 2019, 13: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

KOTA - Hasil pembacaan pleno Kabupaten Lamongan di Surabaya tuntas. Rekapitulasi suara pemilu 2019 di tingkat KPU Provinsi Jatim itu dinilai KPUK Lamongan berjalan lancar.

‘’Hasil suara partai sudah diketahui, tapi kita tidak berhak menetapkan kursi,” ujar Devisi Teknis KPUK Lamongan, Nursalam.

Menurut dia, KPUK hanya menetapkan hasil perolehan suara peserta pemilu tingkat kabupaten. Selanjutnya, SK akan ditetapkan secara nasional oleh KPU RI.

Dari perhitungan sementara, perolehan suara partai memang sudah diketahui. Hanya untuk penetapan kursi dan calon terpilih, dilakukan KPU RI setelah selesai sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Nursalam, selama pembacaan pleno di Surabaya, tidak ada instruksi dari saksi. Sehingga, berkas tersebut disetujui untuk diajukan ke pusat.

Dia memastikan tugas KPUK selesai setelah pleno provinsi. Seperti diberitakan, PKB menjadi partai pemenang di Lamongan dengan perkiraan meraih sepuluh kursi di DPRD setempat. Disusul Demokrat dengan sembilan kursi, PDIP 8 kursi, PAN tujuh kursi, dan Golkar bertahan dengan 6 kursi. Sementara partai lainnya di bawah parpol – parpol tersebut.

Untuk perolehan pilpres, pasangan calon (paslon) 01 berhasil merebut 515.751 suara. Sedangkan pasangan 02 memperoleh 282.300 suara. Ada 32 ribu suara tidak sah.  

“Di Lamongan unggul pasangan 01 dengan perolehan yang signifikan,” kata Nursalam.

Sementara itu, proses penghitungan suara DPD RI berbeda dengan DPRD kabupaten, DPRD provinsi, dan DPR RI yang menggunakan sainte lague. Sistem DPD RI nantinya menghimpun suara di kabupaten/kota sesuai daerah pemilihan.

‘’Iya sistem penghitungan perangkingan. Jadi siapa peraih suara terbanyak, dialah yang menang. Nantinya diumumkan setelah proses tahapan seluruhnya selesai di KPU RI,’’ katanya.

Berdasarkan form DB1, caleg DPD RI di wilayah Lamongan yang meraup suara terbanyak Suhandoyo. Dia meraih 144.019 suara. Diikuti Nadjib Hamid (67.195 suara), Evi Zaenal Abidin (45.208 suara), dan mantan Ketum PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti (44.428 suara). Selanjutnya, Achmad Nurul Ilmi (31.749 suara), Agus Patminto (29.052 suara), Adilla Aziz (28.095 suara), dan Abdul Qadir Amir Hartono (27.374 suara). Sedangkan Wakil Ketua DPRD Lamongan, Sonhadji Zainudin, mendapatkan 21.367 suara. Dia dibuntuti Alfa Isnaeni (20.841 suara), dan Harbiah Salahudin (19.148 suara). ‘’Saya belum merekap. Untuk sementara perolehan saya cukup rendah, jadi saya masih menunggu KPU,’’ ujar Sonhadji.

(bj/rka/ind/yan/ai/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia