Sabtu, 19 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Bawaslu Telah Copot Banner Klaim Kemenangan

Dipasang untuk Memunculkan Kegaduhan?

08 Mei 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

KLAIM SEPIHAK: Banner ucapan selamat kepada Prabowo-Sandi di Jalan Manunggal yang mengklaim memenangi Pemilu 2019.

KLAIM SEPIHAK: Banner ucapan selamat kepada Prabowo-Sandi di Jalan Manunggal yang mengklaim memenangi Pemilu 2019. (CANGGIH PUTRANTO/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban bertindak cepat dalam menyikapi munculnya banner kontroversi yang bertuliskan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Tuban Ulil Abror Al Mahmud memastikan, banner bermuatan klaim sepihak yang terpasang di Jalan Manunggal itu telah dicopot institusinya. ‘’Setelah ada laporan langsung kita copot,’’ kata dia kepada Jawa Pos Radar Tuban kemarin (7/5).

Disampaikan Ulil, sapaan akrabnya, pencopotan banner ucapan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu berdasar surat edaran Bawaslu RI Nomor S-0904/K.BAWASLU/PM.00.00/4/2019. Isinya, peserta pemilu dilarang melakukan pemasangan alat peraga kampanye yang mengandung materi kemenangan sebelum ditetapkan hasil pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Ditanya dalang pemasangan alat peraga tersebut, Ulil tak bisa menyampaikan. Hingga tadi malam, Bawaslu belum menemukan siapa yang bertanggung jawab dalam pemasang banner berukuran sekitar 3x2 meter tersebut. Termasuk saat disinggung terkait adanya indikasi memunculkan kegaduhan pemilu di Tuban, Uli juga belum bisa memastikan. ‘’Kita tidak ingin berspekulasi. Yang jelas, seluruh peserta pemilu dilarang memasang alat peraga yang bermuatan materi klaim kemenangan sepihak,’’ tandasnya.

(bj/tok/ds/yan/can/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia