Rabu, 19 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Hasil Pemilu 2019 di Tuban

Tak Ada Gugatan, tapi Belum Aman

05 Mei 2019, 10: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

TUBAN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban memastikan hasil pemilu 2019 di Tuban tidak ada gugatan.

Kepastian tersebut disampaikan ketua KPUK setempat, Kasmuri menyusul hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten yang telah tuntas dilakukan. Seluruh peserta pemilu, baik saksi dari pemilu presiden (pilpres), DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten telah menerima hasil rekapitulasi suara di tingkat KPUK.

"Alhamdulillah, semua saksi telah menyetujui dan menandatangani hasil rekapitulasi suara," katanya kepada Jawa Pos Radar Tuban, kemarin (4/5).

Meski demikian, lanjut Kasmuri, bukan berarti tugas institusinya telah selesai. Sebaliknya, pihaknya tetap harus menunggu keputusan dari KPU RI. Pasalnya, mengaca pada hasil pilpres 2014 silam, gugatan tetap muncul meski hasil pemilu di Tuban kala itu juga dianggap telah berjalan lancar dan aman.

Terlebih, gejolak politik di tingkat elit menyusul isu kecurangan yang masih terus berlangsung. Termasuk ancaman untuk menggugat hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi yang terus digaungan peserta pemilu dari kubu calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

"Di Tuban (saksi pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Red) sudah menandatangani hasil rekapitulasi. Karena semuanya tahu di Tuban perolehan suara dari TPS sampai tingkat kabupaten terjamin utuh," tegas mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu.

Bagaimana jika nanti muncul gugatan yang disampaikan oleh elit politik yang ada di Jakarta? Kasmuri enggan untuk berspekulasi. Yang jelas, kata dia, pemilu di Tuban berjalan lancar. "Pemilu 2019 di Tuban berjalan sukses dan kondusif," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, hasil pemilu 2019 masih jauh dari kata selesai. Utamannya hasil pilpres. Sebab, elit-elit politik dari kubu 02 yang ada di Jakarta merasa dicurangi, sehingga kemungkinan besar akan mengajukan gugatan.

Adapun hasil pilpres di Tuban mutlak dimenangi pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan perolehan suara 73 persen lebih.

(bj/tok/wid/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia