Jumat, 22 Nov 2019
radarbojonegoro
icon featured
Peristiwa
Diterjang Angin Kencang

Rumah Bantuan Program Pemerintah Ambruk

03 Mei 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

AMBRUK: Atap dan rangka rumah ambruk akibat hujan deras dan angin kencang. Masyarakat diimbau tetap waspada dengan cuaca beberapa hari ke depan.

AMBRUK: Atap dan rangka rumah ambruk akibat hujan deras dan angin kencang. Masyarakat diimbau tetap waspada dengan cuaca beberapa hari ke depan. (MUHDANY YUSUF LAKSONO/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Cuaca ekstrem beberapa hari ke belakang berakibat pada robohnya rumah warga. Ada dua rumah yang ambruk pada waktu dan lokasi yang berbeda. Yakni milik Munisah, 73, Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, dan Rouf Firori, 36, Desa Bendo, Kecamatan Kapas. Peristiwa ini masing-masing terjadi saat malam 29 dan 30 April.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Nadif Ulfia, penyebab terjadinya peristiwa tersebut, yaitu hujan deras disertai angin kencang. Sementara, kondisi rumah atau rangka bangunan juga tergolong tua dan rapuh.

“Untuk rumah Munisah, sebenarnya sedang dalam proses rehab program bedah rumah layak huni (RLH) oleh pemerintah. Tapi, belum selesai dan malah ambruk,” kata dia.

Sementara lanjut dia, rumah milik Rouf Firori hampir seluruh atap ambruk. Genting hancur dan teras yang terbuat dari seng juga ikut terangkat. Sehingga sementara korban menumpang di rumah saudaranya yang berada di sebelah selatan.

“Sedangkan untuk Munisah tinggal bersama keluarga. Kita telah melaksanakan kerja bakti pendirian tempat tinggal sementara bersama warga dan perangkat desa setempat,” jelasnya.

Imbuh dia, taksir total kerugian sekitar Rp 30 juta. Rinciannya kurang lebih Rp 10 juta untuk Munisah dan Rp 20 juta untuk Rouf Firori. Sementara pihaknya pun telah menyalurkan bantuan pada kedua korban.

“Sehingga saya tetap mengimbau agar warga masyarakat tetap waspada dengan cuaca beberapa pekan ke depan,” tutur dia.

(bj/dny/aam/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia