alexametrics
Selasa, 26 Jan 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban

Terancam, Tiga Kursi Caleg Incumbent DPR RI

01 Mei 2019, 13: 15: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TEKA-teki peraih kursi DPR RI mulai terurai. Dari kuota enam kursi yang diperebutkan, kursi tiga caleg incumbent DPR RI dalam ancaman serius menyusul hasil hitung cepat sementara yang belum mampu mengerek suara mereka. Ketiga caleg petahana tersebut, Lukmanul Khakim (PKB), S.W Yudha (Golkar), dan Bambang Budi Susanto (PAN).

Berdasarkan hasil hitung cepat yang beredar, di dapil IX (Bojonegoro-Tuban), PKB diprediksi meraih 2 kursi. Total suaranya 382.358. Dua kursi tersebut diperkirakan milik Ratna Juwita Sari (106.110 suara) dan Farida Hidayati (87.914 suara). Dengan jumlah suara sebanyak itu, keduanya dimungkinkan berhasil mengalahkan incumbent Lukmanul Khakim, anggota DPR RI yang hanya meraih sekitar 83 ribu suara.

Sementara Partai Golkar meraih 212.228 suara. Satu jatah kursinya diperkirakan milik caleg yang juga mantan bupati Tuban Haeny Relawati Rini Widyastuti yang meraih suara terbanyak 87.048 suara. Suara Haeny mengalahkan caleg incumbent S.W Yudha.

Satu kursi DPR RI dari PAN di dapil ini juga terancam. Pasalnya, PAN diperkirakan hanya meraih 75.675 suara dan diprediksi kalah bersaing.

Untuk caleg incumbent dari PDI Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Gerindra diprediksi tetap bisa mempertahankan kursinya selama lima tahun ke depan. Itu karena suara ketiga caleg partai ini ''di atas angin''. Yakni, Didik Mukrianto dari Partai Demokrat (114.532 suara), Abidin Fikri PDIP (53.722 suara), dan Wihadi Wiyanto Partai Gerindra (32.535 suara).

Lukmanul Khakim ketika dikonfirmasi via pesan pendek tak berkomentar apa pun terkait hasil sementara yang beredar tersebut.

Ketika disodori data tersebut, dia  tak merespons. ’’Kita tunggu saja hasil pleno KPU, ’’ jawab dia ketika ditanya terkait jumlah perolehan sementara suaranya.

Abdul Rohman, ketua tim pemenangan Lukmanul Khakim menjelaskan, dalam hitungan timnya, awalnya suara partainya (dapil IX) mencapai 400 ribu. Namun, berdasarkan data C-1 dan DA-1 memang total PKB meraih sekitar 398 ribu dengan suara tertinggi diraih Ratna Juwita Sari (106 ribu),Farida Hidayati (87 ribu), dan Lukman (83 ribu lebih).

Dengan dimulainya pleno di KPUK hari ini, dia  yakin ada perubahan karena timnya menemukan ketidakcocokan perolehan suara C-1 plano dan DA-1. ’’Sementara dari rekapan tim kita menemukan kesalahan di empat kecamatan. Kita tunggu hasil pleno terakhir di KPUK, ’’ tuturnya.

Didik Mukrianto ketika dimintai komentar terkait hasil perolehan suara sementara penghitungan cepat memilih tak berkomentar.

Ketua umum Karang Taruna Nasional ini hanya menyampaikan, berdasarkan hitungan sementara partainya di dapil IX meraih suara 149.536. Dari jumlah itu, dia yang maju pada nomor urut 1 menyumbang 114.532 suara. Perolehan suara itu menobatkan dirinya sebagai peraih suara tertinggi caleg di dapil IX.

Ratna Juwita Sari ketika dikonfirmasi enggan berkomentar terkait hal tersebut. ’’Tunggu penghitungan KPU mawon, ’’ jawab dia singkat. Sampai berita ini ditulis, S. W Yudha belum bisa dikonfirmasi.

(bj/zak/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia