Senin, 27 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Tanggul Plalangan Jebol Lagi

01 Mei 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

JEBOL LAGI: Tanggul Plalangan di Kecamatan Turi diperbaiki sementara karena alat berat belum bisa masuk.

JEBOL LAGI: Tanggul Plalangan di Kecamatan Turi diperbaiki sementara karena alat berat belum bisa masuk. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

KOTA - Tanggul Kali Plalangan, Dusun Ngangrik, Desa Balun, Kecamatan Turi kembali jebol. Lokasi tanggul yang jebol rembesan dari titik sebelumnya.

Sekretaris Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Lamongan, M Jufri, mengatakan, titik yang jebol berada di sebelah titik sebelumnya. Jika sebelumnya jebol sekitar  12 meter, maka sekarang lebarnya sekitar 15 meter. ‘’Kemungkinan ada rembesan, karena titiknya bersebelahan, tapi sudah dibuatkan tanggul darurat," ujarnya. 

Menurut dia, penanganan sementara memang tanggul darurat. Alasannya, alat berat tidak bisa masuk. Kondisi air juga masih tinggi.

Terkait pembangunan tanggul permanen, Jufri belum bisa memastikan. Sebab, kewenangan kali tersebut milik provinsi. Daerah harus mengajukan. "Tapi kalau memang mendesak dibangun, tetap kita lakukan," ujarnya.

Jufri mengklaim tanggul tidak ada masalah. Karena air terlalu deras akibat hujan intensitas tinggi, kemampuan tanggul menurun. 

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Lamongan, Jannata, menuturkan, kali Plalangan jebol dinihari kemarin. Intensitas hujan tinggi di wilayah hulu membuat tanggul tidak mampu menahan air berlebih.

Akibatnya, ada 125 KK dan 250 jiwa, serta empat rumah terdampak. “Untuk pemukiman yang tergenang rerata halamannya, tapi tetap dilaporkan,” terangnya.

Terkait tambak, lanjut dia, diperkirakan 20 hektare yang terdampak.

(bj/rka/yan/jar/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia