alexametrics
Selasa, 26 Jan 2021
radarbojonegoro
Home > Tuban
icon featured
Tuban
Hasil Penghitungan Sementara Perolehan Suara

Gerindra Terlempar dari Kursi Pimpinan Dewan?

Kursi Sama, tapi Kalah Perolehan Suara

30 April 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

TUBAN – Komposisi kursi pimpinan DPRD Tuban diprediksi bakal berubah. Itu seiring dengan hasil sementara perolehan suara masing-masing parpol.

Dari empat kursi pimpinan dewan, posisi pimpinan yang diprediksi mengalami perubahan adalah jatah jabatan wakil ketua. Sedangkan untuk jabatan ketua hampir pasti kembali menjadi milik PKB menyusul hasil hitung cepat dari berbagai sumber yang menempatkan partai ini sebagai memimpin perolehan suara terbanyak, 191.155 suara.

‘’Dari hasil hitung cepat internal, PKB meraih suara terbanyak. Dengan begitu, slot ketua dewan hampir pasti milik PKB,’’ kata Sekretaris DPC PKB Tuban M. Miyadi yang juga ketua DPRD Tuban.

Disampaikan Miyadi, berdasar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Kabupaten, dan Kota, pengisian komposisi kursi pimpinan dewan berdasar perolehan kursi dan suara terbanyak. ‘’Parpol yang memeroleh kursi terbanyak pertama, kedua, ketiga, dan kempat berhak menduduki kursi pimpinan dewan. Jika perolehan kursi sama, maka penghitungannya mengacu perolehan kursi terbanyak,’’ tegas mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu.

Praktis, selain PKB yang hampir pasti menggenggam slot ketua dewan, satu slot kursi wakil ketua juga hampir pasti kembali menjadi milik Partai Golkar yang berhasil meraih suara terbanyak kedua setelah PKB. Dari data yang diterima Jawa Pos Radar Tuban, perolehan suara partai beringin ini kurang lebih mencapai 111 ribu. Begitu juga dengan Partai Demokrat juga hampir dipastikan kembali meraih jatah satu kursi wakil ketua dewan menyusul perolehan suara yang masuk empat besar.

Berdasar hasil hitung cepat, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini masuk pada urutan keempat dengan suara 71 ribu lebih.

‘’Demokrat dapat lima kursi. Dan, Insya Allah masih dapat jatah kursi pimpinan dewan,’’ ujar Ketua DPD Partai Demokrat Tuban Muhammad Anwar saat dikonfirmasi melalui WhatsApp (WA) kemarin.

Alhasil, kini tinggal jatah satu kursi wakil ketua yang tersisa. Mengacu peta perolehan suara sementara, kemungkinan besar tahun ini Gerindra bakal terlempar dari perebutan jatah pimpinan dewan menyusul comeback-nya PDI Perjuangan yang berhasil mengungguli suara Partai Gerindra dan Partai Demokrat yang mencapai 78 ribu lebih. Dengan demikian, perolehan suara parpol berlambang banteng moncong putih ini menjadi yang terbanyak ketiga. Sementara Gerindra, dari hasil hitung cepat sementara hanya memeroleh suara sekitar 57 ribu.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban Andhi Hartanto belum bisa dikonfirmasi terkait perolehan suara partainya yang berhasil mengungguli Gerindra. Ponselnya yang beberapa kali tak dihubungi hanya terdengar nada panggil, namun tidak diangkat. Begitu juga dengan pesan WA yang dikirim wartawan koran ini, hingga berita ini ditulis tadi malam sekitar pukul 18.00 belum dibalas.

Begitu juga dengan Ketua DPD Gerindra Tuban Tri Astuti. Beberapa kali ditelepon juga tak diangkat. Hingga tadi malam, pesan WA yang dikirim wartawan koran ini juga belum dibalas.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban Kasmuri mengatakan, hingga saat ini belum ada penetapan perolehan suara oleh KPU. Sebab, tahapan rekapitulasi masih berjalan. Dan, hari ini (30/4) rekapitulasi di tingkat kabupaten baru digelar. ‘’Proses rekapitulasi suara masih berlangsung,’’ tandasnya. (tok/ds)

(bj/tok/ds/yan/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia