Sabtu, 25 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Tiga Pekan, Penziarah Meningkat

30 April 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BERJUBEL: Penziarah yang memenuhi pelataran Makam Sunan Bonang menjelang puasa Ramadan.

BERJUBEL: Penziarah yang memenuhi pelataran Makam Sunan Bonang menjelang puasa Ramadan. (CANGGIH PUTRANTO/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN - Mendekati puasa Ramadan, penziarah makam Sunan Bonang meningkat. Jumlahnya diperkirakan mencapai seratus kali lipat dari hari biasa.

Membanjirnya penziarah berlangsung sejak tiga pekan terakhir. Puncaknya sepekan terakhir.

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban Suwanto mengatakan, selama sepekan terakhir, wisatawan rohani Makam Sunan Bonang meningkat hingga seratus kali lipat. Berdasarkan laporan yang masuk, sebanyak 3 ribu lebih wisatawan ngalab berkah di makam salah satu wali penyebar ajaran Islam di tanah Jawa tersebut. ‘’Pengunjung Sabtu-Minggu lalu sampai enam ribu pengunjung,’’ tutur dia.

Saking membeludaknya, parkir wisata Kebonsari dan Pantai Boom tak mampu menampung bus penziarah. Untuk menyiasati, petugas terpaksa membuat parkir dadakan di sejumlah ruas jalan. Di antaranya di Jalan Gajah Mada, Jalan Panglima Sudirman, Jalan Sunan Bonang, dan Jalan RA Kartini.

Tak hanya itu. Jalan sepanjang AKBP Suroko hingga Jalan KH Mustain juga dibanjiri becak wisata pengangkut penziarah.

Suwanto mengatakan diprediksi pengunjung masih akan terus membanjiri Makam Sunan Bonang hingga masuk bulan Ramadan.

Ziarah sebelum puasa Ramadan adalah salah satu tradisi kalangan nahdliyin. Tradisi yang sama juga dilakukan mendekati musim haji.

(bj/yud/ds/yan/can/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia