Kamis, 23 Jan 2020
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

52 TPS Hitung Ulang, Jumlah Bisa Bertambah

26 April 2019, 11: 15: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

HITUNG ULANG: Petugas saat menghitung ulang perolehan suara.

HITUNG ULANG: Petugas saat menghitung ulang perolehan suara. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

PENGHITUNGAN ulang suara di TPS terus bertambah. Jika sebelumnya 40 TPS,  maka kini mencapai 52 TPS. Menurut data Bawaslu Lamongan, penghitungan ulang terbanyak dilakukan di Kecamatan Laren. Ada 16 TPS yang harus menghitung ulang hasil pemilu 2019. Kesalahan tersebut sudah diatasi dalam pleno penghitungan suara terbuka.

‘’Masih bisa bertambah, karena mayoritas kecamatan masih melangsungkan pleno,’’ tutur Divisi Pengawasan Bawaslu Lamongan, M Nadhim, kepada Jawa Pos Radar Lamongan, kemarin (25/4).

Dia menambahkan, di Kecamatan Pucuk terdapat 5 TPS yang melakukan penghitungan ulang. Kecamatan Kalitengah, Ngimbang, Glagah, Sekaran, Turi, dan Karanggeneng, masing-masing 3 TPS.

‘’Ketika terdapat kesalahan hitung, maka petugas meminta rekomendasi kepada kami untuk membuka plano sebagai acuan,’’ tutur Nadhim.

Sementara Kecamatan Deket, Sugio, dan Lamongan masing-masing ada 2 TPS yang hitung ulang. Sedangkan di Kecamatan Babat, Modo, Sarirejo, dan Kedungpring, masing-masing satu TPS.

‘’Kalau dari plano tidak ditemukan kesalahan maka dilakukan penghitungan ulang. Mayoritas melakukan penghitungan ulang,’’ kata Nadhim. 

Dia mengatakan, kelelahan menjadi faktor terjadinya kesalahan penghitungan. Bahkan, petugas di Kecamatan Babat mengeluh tak mau lagi menjadi petugas Pemilu di kemudian hari. ‘’Mungkin karena menganggap pekerjaan pemilu serentak ini cukup berat,’’ ujarnya.

(bj/ind/yan/jar/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia