Selasa, 23 Jul 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
Job Fair SMKN 2 Tuban 2019

Komitmen Cetak Lulusan yang Berkualitas dan Siap Kerja

24 April 2019, 07: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

SIAP LANGSUNG KERJA: Kepala SMKN 2 Tuban Drs. Mujiono M.Pd menandatangani memorandum of understanding (MoU) kesepakatan prioritas perekrutan tenaga kerja bersama PT. Sritex dan Sari Ayu Martatilaar.

SIAP LANGSUNG KERJA: Kepala SMKN 2 Tuban Drs. Mujiono M.Pd menandatangani memorandum of understanding (MoU) kesepakatan prioritas perekrutan tenaga kerja bersama PT. Sritex dan Sari Ayu Martatilaar. (Istimewa)

Share this      

TUBAN – Gelar Karya Cipta Terbaik Lima Program Keahlian dan Job Fair yang digelar SMKN 2 Tuban kemarin (23/4) berlangsung sukses. Masing-masing program keahlian menampilkan karya terbaiknya dalam kegiatan tersebut. Yakni, program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP), akuntansi dan keuangan lembaga (AKL), bisnis daring dan pemasaran, serta tata busana, dan tata boga.

Kegiatan job fair tersebut diikuti 15 perusahaan. Mulai dari perusahaan lokal, regional, hingga nasional. Salah satunya PT Sritex. Perusahaan di bidang pertekstilan yang diakui dunia internasional ini hadir langsung dalam job fair yang digelar SMKN 2 Tuban.

Tidak hanya menggelar job fair, PT Sritex juga menyediakan pelatihan gratis selama dua hari bagi yang mengikuti perekrutan tenaga kerja. Bahkan, perusahaan nasional yang bermarkas di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini juga bakal memfasilitasi SMKN 2 Tuban untuk menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) selama 18 hari bagi siswa program tata busana. Dimulai pada 2-20 Mei 2019.
Tak tanggung-tanggung, para siswa yang beruntung mengikuti diklat bersama PT Sritex akan mendapat sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pihak ketiga (P3) dari asosiasi pertekstilan. ‘’Jumlahnya seratus siswa,’’ ujar Waka Humas SMKN 2 Tuban Niniek Widiarochmawati kepada Jawa Pos Radar Tuban.
Tentu, ini menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri bagi SMKN 2 Tuban. ‘’Ini menjadi bukti bahwa SMKN 2 Tuban semakin dipercaya  perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. Dan, kami siap menjadi yang terbaik,’’ tutur Niniek, sapaan akrabnya.
Selain mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan penyedia lapangan kerja, kegiatan job fair yang berlangsung di halaman SMKN 2 Tuban itu juga sebagai ajang untuk menampilkan hasil olahan manisan dari bahan siwalan yang menjadi produk unggulan SMKN 2 Tuban. ‘’Manisan siwalan adalah produk unggulan SMKN 2 Tuban yang menjadi oleh-oleh khas Tuban,’’ ujar Niniek.
Dia lebih lanjut menyampaikan, pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara SMKN 2 Tuban dengan PT Sritex dan Sari Ayu Martaliaar yang tahun ini resmi menjalin kerja sama dalam bidang penyerapan tenaga kerja.
Selain membanggakan karena telah dipercaya perusahaan skala nasional, event organizer (EO) atau penyelenggara kegiatan job fair kali ini juga ditangani langsung para siswa dari program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP) dan program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga. ‘’Jadi, penyelenggarannya adalah siswa SMKN 2 Tuban sendiri. Dan, alhamdulillah berlangsung sukses,’’ ujarnya.
Kepala SMKN 2 Tuban Drs. Mujiono M.Pd. menegaskan, job fair yang digelar SMKN 2 Tuban ini merupakan bukti bahwa lulusan SMKN 2 Tuban sudah langsung siap masuk dunia kerja. ‘’Dan ini (menciptakan lulusan yang siap kerja, Red) adalah komitmen kita bersama,’’ tuturnya.
Disampaikan Muji, sapaan akrabnya, untuk menyukseskan program penyerapan tenaga kerja lulusan SMK, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan puluhan perusahaan, baik di level lokal, regional, nasional, hingga nasional. ‘’Secara keseluruhan, ada sekitar 58 perusahaan yang bekerja sama dengan SMKN 2 Tuban dalam penyerapan tenaga kerja,’’ tuturnya.
Seiring dengan banyaknya perusahaan yang bekerja sama dengan SMKN 2 Tuban, kini SMK yang beralamat di Jalan M. Yamin ini menjadi salah satu SMK yang cukup diperhitungan oleh dunia usaha (DU) dan dunia industri (DI). ‘’Tahun lalu lulusan kita (SMKN 2 Tuban, Red) yang terserap di dunia kerja kurang lebih sekitar 60 persen. Tahun ini kita targetkan naik menjadi 67 persen (lulusan SMKN 2 Tuban langsung diserap di dunia kerja, Red),’’ kata dia.
Muji berharap, di usia yang genap 30 tahun ini SMKN 2 Tuban semakin sukses dalam mencetak siswa yang siap kerja. ‘’Kita bersyukur, LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) pihak satu SMKN 2 Tuban terus mendapat kepercayaan untuk menggelar uji sertifikasi kompetensi. Dan, ini menjadi salah satu bukti bahwa SMKN 2 Tuban siap mencetak lulusan yang berkualitas dan siap kerja,’’ tandasnya.

BERJIWA ENTREPRENEUR: Produk siap jual yang dibuat oleh siswa-siswi dari berbagai jurusan di SMKN 2 Tuban.

BERJIWA ENTREPRENEUR: Produk siap jual yang dibuat oleh siswa-siswi dari berbagai jurusan di SMKN 2 Tuban. (Istimewa)

Pengawas SMK di Tuban Drs Hariyono mengatakan, selama ini SMKN 2 Tuban berkomitmen untuk menempatkan anak didiknya siap kerja. ''Nilai plus ini tidak dimiliki semua lembaga pendidikan kejuruan lain,'' ujar dia.

Hadir dalam pembukaan job fair tersebut perwakilan perusahaan terkait yang menjalin kerja sama dengan SMKN 2 Tuban. Antara lain, United Tractor Semen Gresik (UTSG), Alfamart, Indomaret, dan Sari Ayu, serta lembaga/instansi terkait di Tuban.

(bj/tok/ds/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia