Rabu, 22 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Peringati Perjuangan Kartini

22 April 2019, 12: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

KENANG PAHLAWAN: Karyawati salah satu sektor bisnis di Tuban yang memperingati hari Kartini dengan mengenakan busana kebaya.

KENANG PAHLAWAN: Karyawati salah satu sektor bisnis di Tuban yang memperingati hari Kartini dengan mengenakan busana kebaya. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

TUBAN – Kartini adalah sosok penting yang patut dikenang jasa-jasanya. Tidaklah berlebihan jika pada hari kelahirannya 21 April selalu diperingati. Tanpa terkecuali oleh dunia usaha. Seperti kemarin (21/4), salah satu rumah makan di Tuban yang memperingati hari lahir Kartini, mewajibkan seluruh karyawatinya mengenakan busana kebaya.

Pipit Apriana, marketing rumah makan tersebut mengatakan, sosok perjuangan Kartini patut dikenang karena berperan terhadap nasib kaum hawa. Tidak hanya membawa perubahan, Kartini juga simbol perjuangan bagi kaum wanita. ‘’Kartini simbol wanita tangguh, itu yang ingin kami tanamkan pada peringatan ini,’’ tutur dia.

Pada beberapa referensi buku, kata Pipit, Kartini banyak melakukan perjuangan agar hak gender wanita tak dibatasi.

Dahulu, wanita tidak mendapat hak yang sama seperti pria. Baik dalam pendidikan, pekerjaan, maupun aspek lain. ‘’Berkat beliau, wanita bisa setara dengan pria. Bahkan ada yang menjadi pimpinan perusahaan,’’ ujar dia.

Dikatakan Pipit, tanpa Kartini sangat mungkin sampai saat ini wanita Indonesia masih terbelakang.

(bj/ds/yud/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia