Selasa, 25 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
SMKN 2 Tuban Kembali Dipercaya Kemenpar RI

Gelar Uji Sertifikasi Kompetensi

Di Bidang Perhotelan dan Restauran

22 April 2019, 08: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BERDEDIKASI: Kepala SMKN 2 Tuban Drs. Mujiono, M.Pd. memantau kegiatan uji sertifikasi kompetensi siswanya didampingi ketua LSP P1 SMKN 2 Tuban Tri Erni Hudaya, M.Pd.

BERDEDIKASI: Kepala SMKN 2 Tuban Drs. Mujiono, M.Pd. memantau kegiatan uji sertifikasi kompetensi siswanya didampingi ketua LSP P1 SMKN 2 Tuban Tri Erni Hudaya, M.Pd. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

TUBAN – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) pihak kesatu (P1) SMKN 2 Tuban kembali mendapat kepercayaan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI un tuk menggelar uji sertifikasi kompetensi di bidang perhotelan dan restoran.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, Sabtu (20/4), Senin (22/4), dan Rabu (24/4) itu diikuti 102 asesi atau siswa bidang keahlian tata boga. Rinciannya, 40 siswa pa da gelombang pertama dan kedua dengan masing-masing 4 asesor. Sisanya, 22 siswa pada gelombang 3 dengan 3 asesor.

Adapun yang diujikan dalam sertifikasi kali ini dengan skema uji sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI) level II tata boga. ‘’Siswa yang lolos pada uji kompetensi ini benar-benar sudah memiliki kompetensi sesuai bidang keahliannya,’’ kata Ketua LSP P1 SMKN 2 Tuban Tri Erni Hudaya, M.Pd. kepada Jawa Pos Radar Tuban kemarin.

SALING BERSINERGI: Dua dari kiri, Kabid Pariwisata Dinas Periwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Diparbudpora) Tuban hadir dalam pembukaan uji sertifikasi kompetensi di SMKN 2 Tuban.

SALING BERSINERGI: Dua dari kiri, Kabid Pariwisata Dinas Periwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Diparbudpora) Tuban hadir dalam pembukaan uji sertifikasi kompetensi di SMKN 2 Tuban. (AHMAD ATHOILLAH/JAWA POS RADAR TUBAN)

Disampaikan Erni, sapaan akrabnya, sebelumnya pada tanggal 15 dan 16 April telah sukses menggelar uji sertifikasi yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pen didikan SMK dengan 60 asesi dari jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP) dan tata busana. Selanjutnya, setelah uji sertifikasi yang difasilitasi Kemenpa RI tuntas, berikutnya akan menggelar uji sertifikasi dengan 222 asesi lagi yang terdiri dari siswa SMKN 2 Tuban dan sekolah jejaring. ‘’Ini (kegiatan uji sertifikasi kompetensi, Red) merupakan kepercayaan kali ketiga yang diberikan Kemenpan kepada LSP P1 SMKN 2 Tuban. Pertama pada 2017, kemudian pada 2018, dan sekarang 2019,’’ terang pendidik jebolan pascasarjana Universitas Negeri Surabaya itu.

Erni lebih lanjut menyampaikan, sejak 2016 hingga sekarang, LSP P1 SMKN 2 Tuban telah mengeluarkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Pro fesi (BNSP) berlogo garuda emas sebanyak 1.281 lembar. Sebagaimana diketahui, para siswa yang mendapat sertifikat BNSP berlogo garuda emas ini benar-benar SMKN 2 Tuban Kembali Dipercaya Kemenpar RI Gelar Uji Sertifi kasi Kompetensi telah diakui memiliki keahlian sesuai bidangnya.

Kepala SMKN 2 Tuban Drs. Mujiono, M.Pd mengatakan, kegiatan uji sertifikasi kompetensi ini sangat bermanfaat bagi siswa. Terlebih, bagi siswa yang dinyatakan kompeten dan mendapat sertifikat BNSP ber logo garuda emas, karena sertifikat ini me rupakan bukti bahwa siswa telah di nyatakan kompeten sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. ‘’Ini (sertifikat BNSP, Red) adalah bekal untuk diterima langsung ke sejumlah perusahaan,’’ tuturnya.

Muji lebih lanjut menyampaikan, kegiatan assessment ini merupakan salah satu wujud kesungguhan SMKN 2 Tuban dalam mengantarkan anak didiknya langsung diterima di dunia kerja pasca lulus. ‘’Untuk tahun ini kita targetkan 67 persen (lulusan SMKN 2 Tuban langsung diterima kerja, Red),’’ kata dia optimistis menyusul lulusan tahun lalu yang 60 persen diterima di dunia kerja dan dunia usaha.

(bj/ds/tok/min/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia