Minggu, 19 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban
PKB Diprediksi Raih 16 Kursi

Sepuluh Partai Parlemen Melenggang Mulus

22 April 2019, 12: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AMIN FAUZIE/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

TUBAN - Sepuluh partai politik (parpol) yang menduduki kursi parlemen periode 2014-2019 dipastikan tetap bertahan pada periode mendatang, 2019-2024. Kepastian tersebut setelah perolehan suaranya cukup signifikan di sejumlah daerah pemilihan (dapil).

Kesepuluh parpol tersebut, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, PAN, Partai NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hanura.

Berdasar hitungan Jawa Pos Radar Tuban yang mengacu pada rekapitulasi di seluruh dapil, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Demokrat serta PDI Perjuangan diprediksi meraih kursi di setiap dapilnya. Sedangkan PAN, Partai NasDem, dan PKS serta Hanura hanya meraih kursi pada sejumlah dapil.

Hanura, misalnya. Dipastikan  meraih kursi di dapil III yang diwakili Mokhamad Musa dengan pundi-pundi suara sekitar 9 ribu lebih.

PAN diperkirakan menyumbang kursi pada tiga dapilnya yang selama ini menjadi lumbung suara yang subur. Antara lain, dapil V dengan jumlah suara sekitar 10 ribu, dapil III sekitar 9 ribu, dan II 8 ribu.

Sementara NasDem diprediksi meraih satu kursi di dapil I dengan jumlah suara 7-8 ribu. Gerindra berpeluang menyumpang satu kursi di dapil I dengan peroleh suara di atas 10 ribu.  Dan, PKS ''mencuri'' kursi pada dapil III dan dapil IV.

Sekretaris DPC PKB Tuban M. Miyadi ketika dikonfirmasi optimistis  partainya sebagai pemenang Pemilu 2019 di Bumi Wali. ‘’Sudah ada (hasil quick count dan prediksi raihan kursi PKB),’’ kata dia.

Disampaikan politikus yang juga ketua DPRD Tuban ini, diprediksi partainya meraih 16 kursi atau naik 2 kursi dari pemilu sebelumnya.

Asumsi tersebut didasarkan pada perolehan sementara suara PKB sebanyak 187.742 se-Kabupaten Tuban.

Rinciannya, dapil I 49.772 suara diprediksi mendapat 4 kursi. Dapil II 31.362 suara (3 kursi), dapil III 45.794 suara (4 kursi), dapil IV 30.005 suara (3 kursi), dan dapil V  28.809 suara (2 kursi).

Wakil Bendahara DPD PAN Tuban Maftukin ketika dikonfirmasi memprediksi kursi partainya di parlemen bisa bertahan tiga kursi. Itu karena sejumlah dapilnya meraih pundi-pundi suara yang cukup bagus. Di mencontohkan dapil V (Jenu, Tambakboyo, Bancar, dan Jatirogo) yang meraih sekitar 10 ribu suara.

Di dapil III (Semanding, Grabagan, Rengel, Soko), suara partai berlambang matahari bersinar ini juga moncer. Angkanya mencapai 9 ribu lebih. Begitu juga di dapil II (Palang, Plumpang, dan Widang).

Dikonfirmasi terpisah, Ketua DPD PKS Tuban Saiful Antariksa mengatakan, sampai saat ini partainya masih merekap perolehan suara. Versi hitungan sementara partainya, dari tiga kursi yang pernah diduduki di gedung DPRD Tuban, dimungkinkan jumlahnya bakal berkurang. Dia memerkirakan, berkurangnya kursi dari dapil I.

Sementara kursi yang berhasil dipertahankan dari dapil III dan dapil IV. ''Untuk pastinya menunggu hasil penghitungan resmi,'' tegas dia.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban Andhi Hartanto enggan mengomentari hasil sementara perolehan Pemilu 2019. ‘’Belum, sabar,’’ jawab dia singkat.

Ketua DPC Partai Demokrat Tuban M. Anwar dan Ketua DPC Partai Gerindra Tri Astuti sampai berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi. Ponselnya yang dihubungi hanya terdengar nada sambung, namun tidak diangkat.

(bj/zak/ds/yan/min/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia