Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Hari Ini UNBK SMP/MTs, Siapkan 302 Server

22 April 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

TEMPELKAN IDENTITAS PESERTA: Komputer dan nama peserta UNBK tingkat SMP/MTs yang mulai digelar hari ini.

TEMPELKAN IDENTITAS PESERTA: Komputer dan nama peserta UNBK tingkat SMP/MTs yang mulai digelar hari ini. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

KOTA - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP/MTs mulai hari ini (22/4). Sebanyak 302 server disiapkan untuk mendukung pelaksnaan UNBK tersebut. Rinciannya, 133 server lembaga dinas pendidikan (disdik) dan 169 server lembaga kemenag setempat.

‘’Semuanya sudah ready sejak Sabtu lalu, semoga pelaksanaan berjalan lancar,’’ harap Kepala Disdik Lamongan, Adi Suwito.

Menurut dia, seluruh lembaga sudah melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada masalah serius. Proses sinkron juga rampung  Sabtu (20/4). Setiap lembaga wajib menyiapkan satu server utama. Selain itu, sebagian lembaga juga menyiapkan server cadangan.

Adi menjelaskan, tahun ini ada 24 lembaga menumpang. Rata - rata lembaga numpang di lembaga sederajat. Server dan sinkronisasinya mengikuti lembaga yang ditumpangi tersebut.

Adi menuturkan, lembaga menumpang tidak selalu karena keterbatasan sarpras. Namun, akreditasi lembaga tersebut belum bisa memenuhi syarat penyelenggara mandiri. Selain itu, jumlah siswa belum memenuhi 20 orang. "Tapi semuanya sudah beres, dan siap melaksanakan serentak," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Lamongan, Abdul Ghofur, mengklaim server yang disiapkan 169 unit. Sebelumnya 167 unit server.  Namun, ada tambahan pengadaan.

Berdasarkan datanya, sementara terdapat delapan lembaga menumpang. Rata – rata MTs menumpang di lembaga di atasnya dan sederajat. Persiapan secara sarpras dilakukan lembaga yang ditumpangi.

Ghofur mengklaim sebagian besar lembaga kemenag sudah melakukan UNBK mandiri. Pengadaan sarpras dilakukan masing-masing lembaga. Dia berharap pelaksanan UNBK selama empat hari ke depan berjalan lancar. Proses sinkron Sabtu lalu juga berjalan lancar. Termasuk MTs yang sempat kebanjiran.

(bj/rka/yan/jar/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia