Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Parpol Belum Bisa Pastikan Perolehan Kursi

22 April 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

KETUA partai politik (parpol) di tingkat kabupaten, tampaknya masih memikirkan nasibnya sendiri dibanding partainya. Buktinya, mereka merekrut saksi hanya untuk kepentingan pribadi.

Bukan untuk mengamankan suara partai di masing-masing daerah pemilihan (dapil). Buktinya, hingga kemarin (21/4) parpol belum bisa memastikan perolehan kursinya di DPRD Bojonegoro. Namun, hanya bisa menyebutkan perolehan suara sendiri.

“Untuk suara pribadi sekitar 8.514 suara, untuk suara partai masih belum selesai,” kata Ketua DPC PPP Bojonegoro Khoirul Anam kemarin (21/4).

Menurut dia, secara kelembagaan DPC PPP Bojonegoro tak melakukan rekapitulasi suara. Sebaliknya, rekap dilakukan oleh masing-masing tim pemenangan caleg. Sehingga, partai hingga kemarin belum bisa memastikan perolehan kursinya.

Begitu juga terjadi di DPC Demokrat Bojonegoro. Meskipun membentuk tim rekapitulasi suara di kantor DPC setempat. Namun, hingga kemarin belum bisa memastikan perolehan kursinya. Namun, untuk ketua partai memastikan akan tetap menduduki kursi di parlemen.

“Untuk keseluruhan suara partai belum bisa dipastikan, tapi kalau tujuh kursi hampir pasti,” kata Ketua DPC Demokrat Bojonegoro Sukur Priyanto.

Dia menambahkan, untuk perolehan satu kursi di satu dapil, dia optimistis akan terwujud. Bahkan, untuk dapil I dan dapil III diprediksi akan mendapatkan lebih dari dua kursi. Kemudian di dapil lain ada peluang untuk lebih dari satu kursi, namun masih kecil.

Perolehan kursi itu, nanti mengacu perolehan suara untuk partai lain. Karena mekanisme penghitungannya berbeda dengan Pemilu 2014 lalu.

Sementara itu, KPUK Bojonegoro memastikan rekapitulasi di tingkat kecamatan sudah berjalan. Namun, untuk hasilnya belum bisa diketahui, karena untuk perolehan kursi partai, harus mengacu perolehan suara partai di setiap dapil. “Ini baru di tingkat kecamatan,” kata Divisi Teknis Penyelenggara KPUK Bojonegoro Fatkhur Rohman.

(bj/msu/aam/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia