Kamis, 17 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Ajak Terus Berbuat Baik

20 April 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BADAH BERSAMA: Ibadah Jalan Salib, napak tilas peristiwa wafatnya Yesus di kayu salib.

BADAH BERSAMA: Ibadah Jalan Salib, napak tilas peristiwa wafatnya Yesus di kayu salib. (AUDINA HUTAMA PUTRI/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

KOTA – Sekitar 60 umat Katolik mengikuti ibadah jalan salib Jumat Agung di Gereja Katolik Santo Fransiscus Xaverius Lamongan kemarin (19/4). Prosesi jalan salib menjadi salah satu rangkaian ibadah yang dilakukan dalam pekan suci. Selain Jumat Agung, ada ibadah Kamis Putih, Sabtu Sunyi, dan Minggu Paskah.

Para jemaat kemarin khusyuk menjalankan ibadah. Mereka mendapatkan penjagaan dari aparat kepolisian setempat.

Ketua Liturgi Gereja Katolik Santo Fransiscus Xaverius Lamongan, Agustinus Markaban, mengatakan, masa prapaskah dimulai sejak sebulan lalu. Ditandai dengan Rabu Abu. Mulai Minggu (14/4), memasuki pekan suci yang ditandai dengan Minggu Palma.

‘’Di hari-hari dalam pekan suci juga ada ibadah tertentu,’’ kata Markaban kepada Jawa Pos Radar Lamongan.

 Dia menjelaskan, di hari Jumat Agung ada prosesi ibadah jalan salib dan misa. Dalam ibadah jalan salib, jemaat diajak untuk merenungkan peristiwa wafatnya Yesus di kayu salib. Dari prosesi itu pula Markaban berharap umat Katolik dapat bertaubat dengan sungguh-sungguh.

‘’Sehingga kami dapat mengikuti jejak-Nya untuk terus berbuat baik kepada masyarakat luas dan semua mahluk hidup,’’ jelasnya.

Pria yang tinggal di Jalan Veteran ini menuturkan, peringatan paskah tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Menurut dia, semangat beribadah para jemaat justru bertambah. Umat Katolik semakin termotivasi untuk mendewasakan diri, menambah keimanan, merefleksi dan mengaktualisasikan nilai-nilai kehidupan.

(bj/din/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia