Kamis, 17 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Real Count Ditarget Selesai Lima Hari

20 April 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

HITUNG PASTI: Komisionel KPUK Tuban Salamun menunjukkan hasil sementara real count di layar komputer kantornya.

HITUNG PASTI: Komisionel KPUK Tuban Salamun menunjukkan hasil sementara real count di layar komputer kantornya. (YUDHA SATRIA ADITAMA/JAWA POS RADAR TUBAN)

Share this      

KOMISI Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban mulai melakukan rekapitulasi suara secara real count atau hitung pasti sejak Kamis (18/4) malam. Hingga kemarin (19/4) sore, baru data dari TPS Kecamatan Jenu dan Semanding yang masuk website resmi KPUK. Jika tidak ada hambatan, KPUK Tuban menargetkan real count selesai lima hari atau Selasa (23/4) pekan depan.

Berdasarkan real count sementara yang dipublikasikan di website KPUK kemarin pukul 14.30, di Tuban pasangan 01 Jokowi-Amin mendapat 8.798 suara (73,93 persen). Sementara pesaingnya 02 Prabowo-Sandi mendapat 3.108 suara (26,07 persen). Jumlah tersebut berdasarkan hasil penghitungan pada 63 TPS atau baru 2 persen dari total 3.918 TPS di Tuban.

Divisi Perencanaan dan Data KPUK Tuban Salamun mengatakan, rekapitulasi suara di Kecamatan Tambakboyo dan Bancar sudah memasuki tahap input data dan tengah proses verifikasi. Pada hari kedua penghitungan kemarin, rekapitulasi real count yang berhasil masuk  sekitar 10 persen dari total TPS yang di Tuban. ‘’Kalau tidak ada hambatan, kami optimistis penghitungan suara di Tuban selesai lima hari,’’ tegas dia.

Pejabat yang tinggal di Desa Jadi, Kecamatan Semanding ini meminta seluruh masyarakat untuk bersabar menunggu hasil resmi real count dari KPUK.

Terkait beredarnya hasil hitung dari berbagai versi sejak hari pertama penghitungan, Salamun mengatakan hal tersebut sangat wajar terjadi. ‘’Sudah ramai hasil hitung dari versi mana pun tidak masalah. Tapi yang diakui tetap yang resmi dari KPUK, bukan yang lain,’’ ujar dia.

Begitu pula untuk calon legislatif (caleg). Sejak kemarin banyak beredar versi legislatif yang lolos sebagai DPR RI maupun DPRD provinsi.

Komisioner ini mengaku belum tahu sumber data informasi caleg yang beredar di masyarakat. Menurut dia, bisa jadi daftar caleg yang lolos tersebut merupakan hasil dari saksi partai di tiap kecamatan. ‘’Belum tahu yang beredar itu sumbernya dari mana, kami tetap mengimbau jangan terkecoh dan tunggu hasil resmi,’’ tegas pria lulusan Universitas Islam Malang (Unisma) itu.

Salamun menegaskan, untuk mencapai target hitung, operator dan teknisi meng-input data 15 jam per hari. Mulai pukul 08.00 hingga 23.00. Hitungan tersebut dibagi dua sif  kerja yang melibatkan 25 personel. Jika diperlukan, KPUK Tuban menyiapkan jam kerja tambahan untuk input dan verifikasi data real count tersebut. ‘’Kalau memang diperlukan, bisa jadi 24 jam input data nonstop,’’ kata dia.

Seperti diketahui, sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu, KPU harus menetapkan hasil pemungutan suara paling lambat 35 hari setelah tanggal pemungutan suara. Jika dihitung sejak pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April, berarti penetapan suara  nasional berlangsung pada 22 Mei mendatang. ‘’KPUK tidak ditarget penyelesaian hitung suara, kami memasang target sendiri untuk lima hari selesai,’’ jelasnya.

(bj/yud/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia