Kamis, 17 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Hari Ini, Real Count Mulai Bergeser ke KPU

19 April 2019, 11: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

KOMISI Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Tuban meminta kepada seluruh peserta pemilu serentak 2019 untuk tetap bersabar menunggu hasil rekapitulasi penghitungan suara resmi KPU.

Pasalnya, meski real count dari KPU baru berjalan di tingkat kecamatan atau panitia pemilihan kecamatan (PPK), namun hasil hitung cepat  menunjukkan tanda-tanda finis, baik pilpres maupun pileg.

‘’Kami berharap seluruh peserta pemilu tetap menunggu hasil hitung resmi dari KPU,’’ tegas Ketua KPUK Tuban Kasmuri.

Disampaikan dia, hingga tadi malam proses rekapitulasi manual KPUK masih di tingkat kecamatan. Dari 20 kecamatan se-Kabupaten Tuban, seluruhnya masih proses penghitungan. ‘’Belum selesai. Mungkin besok sudah ada yang selesai,’’ ujar mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu.

Sesuai jadwal, lanjut Kasmuri, mulai Jumat (19/4) hari ini, proses rekapitulasi suara mulai bergeser ke tingkat KPUK. Agendanya, tahapan penyampaian hasil rekapitulasi penghitungan suara dari tingkat kecamatan ke tingkat kabupaten. Sedikitnya, ada waktu sepuluh hari untuk menuntaskan proses rekapitulasi suara ke tingkat kabupaten tersebut. ‘’Dimulai 19-27 April,’’ jelas pria berkacamata itu.

Adapun tahap penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dijadwalkan pada 28 April. Pada tahap inilah, seluruh perolehan suara peserta pemilu bisa diketahui. Hanya, untuk penetapannya masih menunggu keputusan resmi dari KPU RI. Dan, waktunya hingga Mei mendatang. ‘’Jadi tetap harus bersabar,’’ tandasnya.

(bj/ds/tok/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia