Selasa, 21 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Saling Melayani dan Mengasihi

19 April 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

KHUSYUK: Jemaat gereja Gereja Katolik Santo Paulus saat menggelar Kamis Putih yang diikuti ratusan jemaat.

KHUSYUK: Jemaat gereja Gereja Katolik Santo Paulus saat menggelar Kamis Putih yang diikuti ratusan jemaat. (MUHDANY YUSUF LAKSONO/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

BOJONEGORO - Ruas jalan sekitar Gereja Katolik Santo Paulus dipenuhi kendaraan parkir petang kemarin (18/4). Kompleks gereja baik dalam dan luar disesaki jemaat yang merayakan Paskah. Khususnya sedang menjalani Kamis Putih untuk mengawali Tri Hari Suci Paskah.

Pantauan Jawa Pos Radar Bojonegoro, proses ibadah Kamis Putih berlangsung mulai pukul 18.00. Ratusan jemaat menjalani ibadah dengan penuh penghayatan. Puncaknya gelaran Kamis Putih akan ada prosesi pembasuhan kaki para rasul.

“Maknanya itu intinya supaya saling melayani dan mengasihi kepada sesama. Ada 12 rasul yang akan dibasuh kakinya,” kata Ketua Liturgi Gereja Katolik Santo Paulus Iswanto.

Lanjut dia, prosesi Paskah akan berlangsung selama empat hari hingga Minggu mendatang. Teruntuk Jumat Agung, Gereja Katolik Santo Paulus akan melakukan prosesi jalan salib pada pukul 07.00. Sementara itu dilanjut pukul 15.00 penyembahan salib.

“Biasanya ada sekitar 600 sampai 800-an jemaat yang hadir,” ujar pria yang sekaligus Sekretaris Dewan Pastoral Paroki itu.

Selain itu, imbuh dia, pada hari ketiga, yakni Sabtu akan menjalani misa Paskah atau malam Paskah. Acaranya berlangsung mulai pukul 18.00.

“Dan puncaknya Hari Paskah atau Hari Kebangkitan pada Minggu pukul 07.00,” jelas dia.

Perihal tema Paskah kali ini, kata dia, berjudul pesekutuan murid yang bersaksi. Tema tersebut diperoleh dari keuskupan Surabaya yang telah dikemas selama lima kali pertemuan.

“Maksudnya murid berani mendengar saksi, dalam arti pewartaan. Kegiatan ini Intinya tentang hidup bermasyarakat termasuk juga dengan orang di luar Katolik,” tuturnya.

(bj/dny/aam/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia