Kamis, 17 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Lamongan

Jokowi Dominan di TPS Petinggi Eksekutif - Parpol

18 April 2019, 11: 15: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

TUNJUKKAN SURAT SUARA: Bupati Fadeli didampingi istrinya Makhdumah Fadeli di TPS 1 Kelurahan Tlogoanyar, Lamongan.

TUNJUKKAN SURAT SUARA: Bupati Fadeli didampingi istrinya Makhdumah Fadeli di TPS 1 Kelurahan Tlogoanyar, Lamongan. (ANJAR DWI PRADIPTA/JAWA POS RADAR LAMONGAN)

Share this      

KOTA – Pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo – KH Ma’ruf Amin mampu unggul di tempat pemungutan suara petinggi eksekutif dan parpol besar di Lamongan.

Bupati Lamongan, Fadeli, dan Wakil Bupati, Kartika Hidayati mencoblos di TPS 1 Kelurahan Tlogoanyar, Lamongan. Pada TPS tersebut, pasangan nomor urut 01 mengantongi 136 suara.

Sementara pasangan 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, mendapatkan 89 suara. "Ada satu surat suara tidak sah. TPS kita unggul 01 untuk presiden dan wakilnya," ujar Ketua TPS 1 Tlogoanyar, Hariyanto.

Bupati Fadeli mengatakan, pemilu sudah dinanti banyak orang. Perbedaan dalam pilihan dinilai sebagai sesuatu yang wajar. Dia meminta pasca pemilu kondisi tetap aman dan damai.

‘’Berbeda biasa, tapi jangan ada permusuhan karena semua pemimpin harus amanah,’’ ujarnya saat dikonfirmasi usai menyalurkan hak suaranya.

Dia menargetkan tingkat partisipasi pemilih 80 persen. Bupati mengapresiasi upaya para petugas yang ada di lokasi banjir. Logistik tetap terkirim dan seluruh persiapan maksimal.

Menurut dia, pemilu menjadi pesta demokrasi meriah.

Sementara itu, TPS 6 Banjarmendalan, Lamongan, tempat pencoblosan Sekretaris Daerah, Yurohnur Efendi, dimenangi  pasangan Prabowo – Sandiaga dengan 114 suara. Pasangan 01 hanya mendapatkan 79 suara.

"Hitung pilpres TPS kita unggul pasangan 02. Sementara surat suara tidak sah ada dua," tutur Ketua TPS 6 Banjarmendalan, Lukman Hakim.

Sementara di TPS petinggi parpol, pasangan 01 juga mendominasi. ‘’Di TPS saya terpaut cukup tipis,’’ tutur Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno di Lamongan, Tsalist Fahmi.

Di TPS 04 Kelurahan Jetis, tempat pria yang juga ketua DPC Gerindra Lamongan itu mencoblos, Jokowi – Ma’ruf unggul satu suara. Tsalist menuturkan, Jokowi – Ma’ruf mendapat 104 suara dan Prabowo – Sandi mendapatkan 103 suara.

‘’Tapi untuk total suara di Lamongan, tim kami masih sedang melakukan pendataan,’’ terang Tsalist saat dikonfirmasi via ponsel.

Dia mengatakan, dirinya mendapatkan hasil survei pencoblosan satu minggu sebelum pemilu di Lamongan. Hasil survei itu, Prabowo – Sandi 52 persen dan Jokowi – Ma’ruf 41 persen. ‘’Kita cukup optimistis, Prabowo – Sandi bisa unggul di Lamongan,’’ ujarnya.

Disinggung terkait hasil hitung cepat dari beberapa lembaga survei yang memenangi paslon capres 01, Tsalist mengatakan, dirinya tak pernah percaya hasil quick count sejak Pemilu 2014. ‘’Kita tunggu hasil resmi dari KPU RI saja,’’ pintanya.

Ketua DPC Demokrat Lamongan, Debby Kurniawan, mencoblos di TPS 01 Kelurahan Jetis, Lamongan. Hasilnya, Jokowi – Ma’ruf meraih 127 suara  dan Prabowo – Sandi 79 suara. Dua suara tidak sah.

‘’Alhamdulillah pemilu hari ini (kemarin) berjalan baik, tenang, dan aman,’’ ujar Debby.

Sementara di TPS Wakil Ketua Tim Pemenangan Jokowi – Ma’ruf Amin di Lamongan, Sa’im, TPS 1 Desa Tiwet, Kalitengah, paslon 01 meraih 134 suara dan paslon 02 memeroleh 55 suara.

‘’Hari ini (kemarin) kan kita kerja bareng-bareng, sehingga menghasilkan hasil menang bersama rakyat,’’ ujar Sekretaris DPC PDIP Lamongan tersebut.

Namun, suara paslon 01 kalah di TPS Ketua DPD Golkar Lamongan, Kacung Purwanto. Di TPS 04 Desa Sumbersari, Kecamatan Sambeng, Jokowi – Ma’ruf meraih 83 suara dan Prabowo – Sandi meraih 97 suara. Suara tidak sah ada 13 suara.

‘’Kita hanya terpaut tak banyak. Di sini memang basis pendukung dari 02,’’ tutur Kacung.

Dia cukup senang karena tingkat partisipasi warga pada pemilu meningkat. Dirinya cukup optimistif Jokowi menjabat dua periode presiden berdasarkan hasil quick count dari sejumlah lembaga survei. 

‘’Kita cukup yakin, sambil menunggu hasil resmi dari KPU,’’ katanya.

Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Lamongan Nur Salam mengaku masih menunggu data C1 dari seluruh TPS di Lamongan. Dia memastikan, hasil resmi pemilu bakal diumumkan lima hari mendatang. ‘’Terkait pilpres, hitung cepat seluruhnya di pusat,’’ katanya.

(bj/ind/rka/yan/jar/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia