Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Distribusi Logistik Pemilu dengan Perahu

17 April 2019, 18: 33: 21 WIB | editor : Ebiet A. Mubarok

EKSTREM : Polwan Polres Tuban membantu distribusi logistik pemilu ke Dusun Dermalang Desa Mlangi Kecamatan Widang menggunakan perahu.

EKSTREM : Polwan Polres Tuban membantu distribusi logistik pemilu ke Dusun Dermalang Desa Mlangi Kecamatan Widang menggunakan perahu. (Yudha Satria Aditama/Jawa Pos Radar Tuban)

TUBAN – Tidak semua daerah di Tuban terhubung akses infrastruktur yang memadai. Salah satunya di Dusun Dermalang Desa Mlangi Kecamatan Widang. Untuk memenuhi hak 182 pemilih, dua polisi wanita (Polwan) Polres Tuban Bripda Iis Nuryati dan Bripda Rohma Ayu harus naik perahu sekitar setengah jam di Sungai Kalianyar untuk menuju tempat pemungutan suara (TPS) 14 desa setempat.

Bripda Iis Nuryati kepada Jawa Pos Radar Tuban mengatakan dari Polsek Widang, butuh waktu sekitar 45 menit untuk menuju lokasi tersebut. Dia bersama satu personel lainnya yang menggendong kotak suara awalnya menggunakan sepeda motor untuk menuju lokasi. Setelah menempuh sekitar empat kilometer dari jalan raya, akses jalan yang belum teraspal tersebut tak bisa dilalui karena becek usai diguyur hujan semalaman.

Akhirnya, dua sepeda motor petugas diparkir di rumah warga. Sebab, satu-satunya alternatif akses ke jalan tersebut hanya bisa ditempuh jalan kaki atau menggunakan perahu. Perahu yang tersedia untuk mobilitas ke lokasi pun hanya satu. Karena kondisi sungai sangat sempit, perjalanan beberapa kali terhambat karena mesin perahu sering mati. ‘’Butuh waktu setengah jam untuk menempuh satu kilometer (km) sungai,’’ jelas staf Humas Polres Tuban itu.

Bripda Iis menambahkan, akses jalan ke Dusun Dermalang, Desa Mlangi memang sangat sulit. Satu-satunya akses jalan masuk desa seringkali becek dan rusak jika diterjang hujan. Apalagi, kondisi jalan sangat gelap karena tidak ada lampu penerangan jalan umum (PJU). Berdasarkan keterangan warga, kondisi tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun. 

Sementara itu, berbagai upaya dilakukan untuk mengajak masyarakat agar tidak golput dalam pemilu serentak hari ini. Seperti di Kecamatan Senori, pendistribusian surat suara ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) dilakukan menggunakan cikar. Dalam pawai tersebut surat suara diarak dari kantor Kecamatan Senori menuju ke sejumlah TPS.

(bj/yud/can/wid/bet/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia