Kamis, 17 Oct 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
Tidak Melunasi BPIH

Sebanyak 78 CJH Batal Berangkat

16 April 2019, 10: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

BATAS AKHIR PELUNASAN: Sejumlah CJH ketika berkumpul. Hingga batas akhir pelunasan BPIH kemarin, sebanyak 78 CJH tak berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

BATAS AKHIR PELUNASAN: Sejumlah CJH ketika berkumpul. Hingga batas akhir pelunasan BPIH kemarin, sebanyak 78 CJH tak berangkat ke Tanah Suci tahun ini. (M. NURCHOLISH/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Jadwal pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap I telah ditutup. Sebanyak 78 dari 1.135 calon jamaah haji (CJH) tidak melunasi BPIH. Sehingga, porsi hajinya pun dianggap hangus atau batal berangkat. Kekosongan porsi tersebut nantinya akan diisi untuk kuota cadangan atau penggabungan.

“Hari ini sudah ditutup pelunasan tahap I. Di Bojonegoro ada 48 CJH tidak melunasi sedangkan kalau se-Jawa Timur sebanyak 4.785 CJH yang belum melunasi,” jelas Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro Asyik Syamsul Huda.

Menurut dia, beragam alasan CJH tidak melunasi BPIH. Seperti karena meninggal, ingin ditangguhkan berangkat tahun depan, dan ada juga CJH yang pindah. Karena itu, Asyik mengatakan, para CJH cadangan tak perlu khawatir, karena ada kuota 5 persen dari total kuota. Kemudian, jamaah CJH usia lanjut (lansia), penggabungan suami/istri/anak, dan jamaah yang sudah pernah haji juga akan menyesuaikan.

“Saat ini ada 81 CJH cadangan. Tapi nanti jumlahnya menyesuaikan, tidak semuanya berangkat. Kami pun sudah mengimbau agar para CJH cadangan buat surat pernyataan agar tidak menuntut apabila tidak jadi berangkat,” terangnya.

Sementara, jadwal pelunasan tahap II dimulai 30 April sampai 10 Mei. Terkait kuota tambahan akan diumumkan secepatnya. Sebab, nanti yang mengolah datanya Kantor Kemenag Provinsi Jatim. Pihaknya hanya menerima data yang sudah matang. Selain itu, para CJH tambahan itu juga akan melakukan rekam biometrik seperti CJH reguler.

“Nanti kalau datanya sudah ada, kami akan umumkan dan menginformasikan para CJH tambahan tersebut untuk melakukan pelunasan,” tegasnya.

(bj/gas/rij/cho/aam/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia