Senin, 20 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro

Gaji PNS Batal Naik Bulan Ini

09 April 2019, 11: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

BOJONEGORO - Kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 5 persen belum terealisasi hingga kini. Padahal, rencananya kenaikan gaji itu akan dimulai bulan ini. Mundurnya pencairan karena belum ada petunjuk teknis (juknis).

“Belum ada kenaikan. Menunggu PMK (peraturan menteri keuangan),” ujar kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bojonegoro Ibnu Soeyuthi kemarin (8/4).

Ibnu menjelaskan, peraturan pemerintah (PP) mengenai kenaikan gaji itu memang sudah ada. Namun, PP itu harus ditunjang dengan juknis. Juknis itu ada di PMK. “Jadi, sebelum ada PMK itu belum bisa direalisasikan,” jelasnya.

Padahal, pemkab sudah menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan untuk kenaikan itu. Yakni sebesar Rp 2,5 miliar per bulan. Dalam setahun pemkab membutuhkan anggaran Rp 30 miliar untuk kenaikan itu.

Kenaikan gaji 5 persen itu beragam setiap PNS. Mulai Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per orang. Sesuai dengan pangkat dan jabatannya. Kenaikan gaji itu sesuai dengan PP Nomor 15 Tahun 2019.

Kenaikan gaji ini adalah yang pertama sejak empat tahun terakhir. Sebab, gaji PNS selama ini tidak pernah naik. Dan, sudah diganti dengan gaji ke-14. “Tahun-tahun sebelumnya memang tidak naik karena ada gaji ke-14,” ujarnya.

Ibnu menjelaskan, jumlah PNS di Bojonegoro mencapai 9.428 orang. Setiap bulan gaji yang dibutuhkan sekitar Rp 49 miliar. Namun, setiap tahun jumlah PNS terus mengalami penurunan karena pensiun. Dengan adanya kenaikan itu, anggaran yang akan dibutuhkan untuk kenaikan itu akan meningkat drastis.

Ibnu belum mengetahui kapan PMK akan turun. Namun, kapan pun PMK itu turun, pihaknya sudah siap mencairkannya. Sebab, anggaran untuk kenaikan juga sudah disiapkan. “Intinya kami sudah siap. Kapan pun PMK turun kami siap mencairkan,” jelasnya.

(bj/zim/rij/aam/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia