Rabu, 22 May 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Jelang Peralihan Musim, Banjir Masih Mengancam

03 April 2019, 12: 30: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

TERGENANG: Banjir yang melanda Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan kemarin (2/4).

TERGENANG: Banjir yang melanda Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan kemarin (2/4). (FRIENDY FOR JAWA POS RADAR TUBAN)

TUBAN - Hujan deras disertai angin yang mengguyur berbagai daerah di Tuban pada Senin (1/4) hingga kemarin (2/4) mengakibatkan banjir di berbagai wilayah di Bumi Wali. Salah satunya banjir yang menerjang Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Tuban, selama dua hari terakhir Kali Kening meluap. Suprapto warga Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo mengatakan, luberan air dari Kali Kening inilah yang masuk ke perkampungan sekitar pukul 23.00. Ketinggian rata-rata genangan sekitar 30-40 sentimeter (cm). ''Air baru surut jam enam pagi,'' ujar dia.

Luapan air dari sungai yang sama juga memicu banjir di Dusun Kedungringin, Desa Kedungjambangan, Kecamatan Bangilan. Di desa ini, genangan air setinggi mata kaki.

Sementara di Desa Jenggolo, Kecamatan Jenu ketinggian bah di perkampungan setempat mencapai 10-50 sentimeter (cm).

Koordinator Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban Friendy Setiawan mengatakan, banjir di sejumlah wilayah Bumi Wali selama dua hari terakhir terpantau karena curah hujan yang cukup tinggi.

Sementara itu, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban Desindra Deddy Kurniawan mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dengan cuaca yang tak menentu. 

Dikatakan dia, meski puncak musim penghujan sudah lewat pada Januari dan Februari lalu, namun masih ada peluang hujan lebat hingga beberapa hari ke depan.

(bj/rza/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia