Rabu, 19 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Tuban

Waspadai Hujan Lebat di Masa Transisi

02 April 2019, 10: 00: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

CUACA BURUK: Gumpalan mendung di atas kawasan perkotaan Tuban kemarin (1/4).

CUACA BURUK: Gumpalan mendung di atas kawasan perkotaan Tuban kemarin (1/4). (MUHAMMAD RIZA AL-GHOZALI/JAWA POS RADAR TUBAN)

TUBAN – Awal April diprediksi menjadi masa transisi dari musim penghujan ke musim kemarau. Stasiun Meteorologi Kelas III Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban memerkirakan, pada masa peralihan tersebut hujan turun lebat dan merata di seluruh kawasan Bumi Wali. Kondisi tersebut rentan memicu bencana banjir, tanah longsor, hingga angin kencang.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III BMKG Tuban Desindra Deddy Kurniawan menjelaskan, puncak musim penghujan sudah lewat pada Januari dan Februari lalu. Namun demikian, hingga beberapa hari ke depan masih berpeluang hujan lebat. ‘’Itu karena konvergensi dan belokan angin di wilayah Jawa Timur,’’ ujar dia.

Desindra, sapaan akrabnya mengatakan, hujan lebat juga dipicu dari belokan angin yang menimbulkan konsentrasi awan di wilayah Jatim. Karena itu, dia BMKG mengimbau masyarakat Bumi Wali untuk selalu waspada dan mengikuti info cuaca terkini. Harapannya, mereka bisa meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

(bj/rza/ds/yan/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia