Rabu, 26 Jun 2019
radarbojonegoro
icon featured
Bojonegoro
9.276 Pelajar SMA/MA Hadapi UNBK

Sekolah di Malo Sempat Ada Kendala

01 April 2019, 10: 45: 59 WIB | editor : Amin Fauzie

Ilustrasi

Ilustrasi (AINUR OCHIEM/JAWA POS RADAR BOJONEGORO)

Share this      

BOJONEGORO - Hari ini (1/4), 9.276 pelajar jenjang SMA/MA melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Kesiapan server dan sarana prasarana (sarpras) telah diuji selama tiga hari dan berakhir kemarin (31/3). Diharapkan pelaksanaan UNBK dapat berjalan lancar tanpa kendala sedikitpun.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur di Bojonegoro Adi Prayitno menambahkan, bahwa server dan semua sarpras untuk lembaga SMA/MA telah tersinkronisasi tanpa hambatan. Meski sempat ada kendala di salah satu sekolah di Kecamatan Malo.

“Laboratorium ujiannya terkena dampak angin puting beliung Kamis lalu. Sehingga kita perlu membenahi dan menangani hal tersebut. Dan akhirnya sudah teratasi dan siap menggelar ujian,” jelas dia.

Adi, sapaannya menuturkan, akan melakukan monitor evaluasi (monev) untuk memastikan jalannya ujian. Terlebih, memantau adakah peserta yang mengundurkan diri.

“Untuk sementara ini belum ada laporan terkait hal tersebut. Sehingga kita lihat saja kondisi di lapangan besok (hari ini, Red),” imbuhnya.

Digelarnya UNBK ini, dia berharap agar pelaksanaan dapat berjalan lancar dan aman. Terlebih peserta ujian dapat mengerjakan dengan tenang dan nyaman.

“Semoga tidak ada hambatan atau kendala,” tutur dia.

Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Bojonegoro Abdul Wahid mengatakan, pihaknya telah melakukan sinkronisasi server dan sarpras lainnya mulai Jumat (29/3) lalu. Hasilnya, semua sarpras dinyatakan aman dan siap digunakan.

“Dalam pelaksanannya, ada yang 1, 2, dan 3 sesi. Namun paling banyak lembaga MA mengadakan dua sesi dalam sehari,” kata dia kemarin (31/3).

Perihal kelengkapan jumlah peserta sesuai data, lanjut Wahid, sapaannya, tidak menemukan ataupun laporan terkait hal tersebut. Sehingga dinyatakan semua pelajar MA mengikuti UNBK.

“Karena hal tersebut telah kita periksa saat USBN (ujian sekolah berstandar nasional) yang lalu. Dan hasilnya tidak ada pelajar yang mengundurkan diri,”  ucapnya.

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Bojonegoro, terdapat 102 lembaga yang mengikuti UNBK. Rinciannya 50 SMA dan MA 52. Dengan jumlah peserta 9.276. Rinciannya SMA 5.349 dan MA 3.927.

Hanya terdapat dua SMA yang menumpang. Yakni SMA Islam Klepek dan SMA PGRI 1 Bojonegoro. Keduanya melaksanakan ujian di SMAN 1 Bojonegoro. Sedangkan MA, seluruh lembaganya menggelar ujian secara mandiri.

(bj/dny/aam/ai/min/JPR)

 TOP
 
 
 
 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia